ADVERTISEMENT

Nissan Livina Berwajah Xpander 'Made In Cikarang' Debut di Filipina

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 09 Sep 2022 14:39 WIB
Wajah Livina hingga bentuknya sangat identik dengan Xpander berkat bergabungnya Mitsubishi dengan aliansi Renault-Nissan. Yuk, lihat lebih dekat.
Nissan Livina Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Nissan Livina yang diproduksi oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia melakukan debut perdana di Filipina. Ini menjadi ekspor perdana Nissan Livina buatan Cikarang ke luar negeri.

Dikutip AutoIndustriya, Jumat (9/9/2022) butuh 3 tahun Nissan Livina datang ke Filipina sejak 2019 diperkenalkan di Indonesia. Sampai pada akhirnya Nissan Phillipines Inc (NPI) meluncurkan Livina pada 6 September 2022.

Terdapat empat varian Nissan Livina yang ditawarkan untuk negara Filipina, yakni VL, VE, EL, dan E. Tercatat pada Juni 2022 ada 65 unit Nissan Livina buatan pabrik MMKI di kawasan Cikarang. Lalu dikirim 232 unit pada Juli. Seluruhnya ditujukan ke Filipina.

Nissan Livina yang dikirim ke Filipina yakni satu bertransmisi manual sedangkan tiga lainnya mengusung transmisi otomatis.

Mengenai spesifikasinya yang dimulai dengan fasia depan, Livina yang serba baru mendapatkan identitasnya sendiri. Grille V-Motion khas Nissan yang mirip dengan Kicks e-Power yang baru saja diluncurkan. Lalu lampu LED daytime running light dan lampu depan multi-reflektor halogen terpisah, mengambil area desain Xpander. Profil sampingnya mirip dengan kembarannya Mitsubishi kecuali desain velg alloy 16-inci.

Untuk sistem infotainmentnya, Nissan Livina memiliki unit layar sentuh 7 inci yang memiliki koneksi smartphone, Bluetooth, dan konektivitas USB. Fitur interior lainnya termasuk AC manual tipe dial, sistem suara enam speaker (varian spesifikasi teratas) soket daya 12V, dan port USB untuk mengisi daya perangkat seluler.

Untuk mesinnya, Livina ditenagai oleh Mitsubishi 4A9 MIVEC empat silinder 1,5 liter yang menghasilkan tenaga 105 PS pada 6000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4000 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan dengan penggerak roda depan.

Dalam hal fitur keselamatannya, Livina dilengkapi dengan dua SRS airbag depan dan ABS sebagai perangkat standar. Sementara fitur traction control, vehicle dynamics control, hill start assist, reverse cameras, dan sensor parkir hanya untuk varian VL dan VE.

Harga Nissan Livina dijual mulai dari PHP 1.029.000 hingga PHP 1.209.000 atau sekitar Rp 268 juta hingga Rp 316 jutaan. Sedangkan harga Nissan Livina saat ini dijual mulai dari Rp 257,4 juta sampai 301 juta.



Simak Video "Xpander Sudah Disegarkan, Livina Kapan?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT