Bamsoet Naik Mobil Kepresidenan Era Soeharto saat Pejabat Lain Pakai Mobil Baru

ADVERTISEMENT

Bamsoet Naik Mobil Kepresidenan Era Soeharto saat Pejabat Lain Pakai Mobil Baru

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 23 Agu 2022 20:38 WIB
Ketua MPR Bamsoet
Foto: Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Dok. MPR)
Jakarta -

Mobil klasik Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menjadi sorotan saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia. Di saat pejabat lain banyak yang menggunakan mobil mewah baru, Bamsoet menggunakan mobil klasik.

Namun, mobil klasik yang dipakai Bamsoet ini cukup berbeda dan cukup bernilai. Soalnya, ini merupakan mobil kepresidenan era Soeharto.

"Bedanya mobil mewah baru dengan mobil tua klasik eks mobil Kepresidenan era Presiden Soeharto tahun 1990an," tulis Bamsoet dalam unggahan video iring-iringan mobil pejabat di Instagram.

Tampak pejabat-pejabat lain menggunakan mobil mewah baru, mulai dari Mercedes-Benz, BMW, Toyota Alphard, sampai Toyota Crown. Di belakangnya, ada mobil klasik Mercedes-Benz dengan pelat nomor RI 5 yang menjadi pelat nomor kendaraan Ketua MPR RI.

[Gambas:Instagram]



Mercedes-Benz klasik itu ditunggangi Bamsoet. Itu merupakan Mercedes-Benz 500SEL yang pernah menjadi mobil kepresidenan era Soeharto tahun 1990-an.

Sebelum ini, Bamsoet juga beberapa kali mengunggah mobil kepresidenan Mercedes-Benz 500SEL era Soeharto tersebut. Dia bilang, Mercedes-Benz 500SEL ini cukup menarik perhatian. Spesifikasinya sama dengan mobil Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Ratu Inggris, Elizabeth II.

Sebagai mobil petinggi negara, Mercedes-Benz 500SEL dibekali kaca antipeluru, bodi tahan ledakan sampai ban khusus. Kemampuan tersebut sama seperti pesanan Presiden Rusia Boris Yeltsin

"Mobil Kepresidenan Soeharto telah dilengkapi kaca antipeluru. Belum lagi pada bagian bodi dilapisi baja dan platina hitam, sehingga tahan serangan mortir dan guncangan," tulis Bamsoet saat mengunggah foto-foto Mercedes-Benz 500SEL di Instagram pada Mei 2022 lalu.

[Gambas:Instagram]



Mercedes-Benz 500SEL ini dibekali mesin M117.963 delapan silinder berkapasitas 5 liter. Kecepatan tertingginya mencapai 220 km/jam. Mobil ini digunakan sampai 1994, setelahnya Soeharto mengganti mobil kepresidenannya menjadi Mercedes-Benz S600 yang dipakai sampai era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hingga kini, mobil kepresidenan Republik Indonesia masih setia menggunakan Mercedes-Benz. Saat ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard.



Simak Video "Bamsoet Minta Sistem Demokrasi RI Dievaluasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT