ADVERTISEMENT

Pakai Strobo di Jalan Enggak Usah Arogan, Konvoi 'RI 1' Aja Santai

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 19 Agu 2022 15:12 WIB
Rombongan Mobil Presiden dan Wakil Presiden
Konvoi presiden Jokowi bisa dicontoh pejabat lainnya. (Foto: Agung Pambudhy/detikoto)
Jakarta -

Ada beberapa pejabat yang mendapat fasilitas pengawalan dan pelat nomor khusus sehingga memiliki keistimewaan di jalan. Keistimewaan itu oleh beberapa oknum terkadang dimanfaatkan sehingga terkesan arogan di jalan.

Hal itu bisa dilihat ketika sejumlah oknum membunyikan klakson sekaligus menyalakan lampu strobo dengan maksud dibukakan jalan sehingga bisa sampai tujuan lebih cepat. Belum lagi juga ada yang mengambil bahu jalan padahal itu sangat membahayakan.

Tapi tidak semuanya bersikap demikian. Ada sejumlah pejabat yang memilih tidak bersikap demikian saat di jalan. Contohnya adalah konvoi Presiden Joko Widodo.

Terungkap dalam cerita yang dibagikan Bambang Suswantono, Jokowi kerap mengingatkan para pengawal agar tidak mengganggu pengguna jalan lain. Bambang yang tahun 2016 menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) mengatakan, ketika melintas rombongan Jokowi ini sangat jarang membunyikan klakson.

"Jadi beliau sudah memerintahkan karena Jakarta ini padat macet, jadi kita harus tahu diri, tidak menggunakan sirene, tidak menggunakan klakson," kata Bambang dalam tayangan sudut Istana yang disiarkan 2016 silam.

Adapun, ketika melintas di jalan tol terutama di ruas Jagorawi pengendara sudah mengerti akan sinyal rombongan 'RI 1'. Uniknya, sinyal itu bukan berupa bunyi klakson ataupun sirene. Tapi dengan sendirinya pengendara akan memberikan jalan.

Kata Bambang, ini sebenarnya agak merepotkan pasalnya kalau sesuai aturan, ketika ada rombongan VVIP melintas jalanan memang harus steril. Namun karena sudah terbiasa, tidak ada masalah berarti saat rombongan presiden melintas tanpa menutup jalan ataupun membunyikan sirene.

"Karena kita setiap hari, masyarakat yang dari Bogor terutama menuju Jakarta itu sudah tahu, kalau sudah ada sweeper mobil Jip Mercy satu dengan satu kendaraan dari polisi melintas disela-sela itu, pasti belakangnya presiden," tutur Bambang.

Tentunya, perilaku berkendara rombongan RI 1 ini bisa ditiru. Selain tidak membahayakan, sebagai orang nomor satu di Indonesia Jokowi juga memberikan contoh bahwa sekalipun punya fasilitas sebaiknya tidak bersikap arogan di jalan.



Simak Video "Heboh Mobil Halangi Konvoi Presiden, Ini Ancaman Hukumannya"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT