ADVERTISEMENT

Anti Spare Part Langka! Subaru XV dan Forester Pakai Banyak Part yang Sama

Hafizh Gemilang - detikOto
Sabtu, 20 Agu 2022 12:25 WIB
Subaru Forester 2.0i S EyeSight
Subaru XV dan Forester diplot sebagai mobil bermesin kembar, sehingga memiliki banyak kesamaan part.(Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)
Jakarta -

Subaru belum lama ini meluncurkan SUV kompak terbaru, yakni XV. Menariknya Subaru mengklaim XV ini mengusung banyak part yang sama dengan SUV Subaru lainnya, Forester.

Ismail Ashlan selaku Marketing Communication Manager Subaru Indonesia menjelaskan hal ini pada Media Gathering Subaru di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Tak hanya di pasar Indonesia, ternyata banyaknya kesamaan part di lini Subaru ini memang strategi global. Menurut Ismail, banyaknya kesamaan part antara XV dan Forester merupakan keuntungan bagi konsumen dan juga bagi pabrikan.

"Salah satu keunggulan utama Subaru adalah common parts di beberapa model. Kalau di global dan generasi sebelumnya, sudah dikonfirmasi antara XV, Forester, dan Outback, common parts-nya cukup banyak," buka Ismail.

"Contoh, jika kita menyediakan kampas rem untuk XV, itu dapat digunakan untuk Forester dan Outback. Jadi, konsumen tidak perlu takut akan kekurangan kampas rem. Sebab, otomatis sebagai pabrikan akan memiliki stok yang lebih banyak, karena itu common parts. Jadi, jika dasbor kelihatan sama, mesin kelihatan sama. Itu bukan kelihatannya saja, memang benar-benar sama," lanjutnya.

Subaru saat ini tercatat sudah punya tiga lini yang dijual resmi di Indonesia, yakni Forester, XV, dan BRZ. Menariknya sebelum resmi berjualan di Indonesia, Subaru Indonesia fokus untuk menangani aftersales resmi yang lama absen.

"Pertimbangan kita bahwa spare part dan aftersales service itu adalah fokus dan nyawa dari satu brand di Indonesia. Sebab, kita mau kasih enjoyment dan peace of mind dari customer," papar Ismail.

Hadirnya banyak kesamaan part dari lini SUV yang kini dijual oleh Subaru Indonesia, tentu membuat konsumen tak perlu ragu akan kelangkaan spare part.

"Jadi, dengan adanya common parts itu, kita menjalankan dan mengoperasikan brand ini dengan lebih baik lagi," tutup Ismail.



Simak Video "Review Subaru XV: Mobil Perkotaan yang Siap Dibawa Blusukan!"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT