ADVERTISEMENT

Jusuf Hamka Jual Rolls-Royce Demi Mobil Listrik Wuling, Turun Kelas?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 16 Agu 2022 20:44 WIB
Jusuf Hamka beli mobil listrik di GIIAS 2022
Foto: Jusuf Hamka beli mobil listrik di GIIAS 2022 (Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka menjual mobil mewah Rolls-Royce Dawn miliknya. Uang hasil jual Rolls-Royce ia gunakan untuk membeli mobil listrik Wuling. Turun kelas, Pak?

Jusuf Hamka mengaku ingin hijrah dari penggunaan mobil berbahan bakar bensin ke kendaraan listrik. Ia tak segan menjual mobil mewahnya demi beralih ke kendaraan listrik.

Kepada detikcom, Jusuf Hamka mengaku menjual Rolls-Royce Dawn seharga Rp 11,5 miliar. Uang itu bisa dia belanjakan lebih dari 40 unit mobil listrik Wuling Air ev.

Pria yang juga dikenal dengan sapaan Babah Alun itu tidak segan mengendarai sebuah mobil listrik Wuling yang harganya dan kelasnya jauh di bawah Rolls-Royce yang ia punya. Dia tidak merasa turun kelas mengendarai Wuling Air ev.

"Saya kan nggak ada masalah pakai Wuling. Dia punya suspensi empuk. Dia rupanya kerja sama sama GM (General Motors). Not bad lah," ujar Jusuf Hamka kepada detikcom melalui sambungan telepon.

Sejumlah pengunjung tengah melihat mobil listrik Wuling AirEv yang dipajang di ajang GIIAS 2022, ICE BSD, Tangerang Selatan, Kamis (11/8/2022). Wuling Motors, yang menghadirkan model Wuling Air ev. Kendaraan ini merupakan mobil listrik pertama mereka, yang dibuat secara lokal di pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.Sejumlah pengunjung tengah melihat mobil listrik Wuling AirEv yang dipajang di ajang GIIAS 2022, ICE BSD, Tangerang Selatan, Kamis (11/8/2022). Wuling Motors, yang menghadirkan model Wuling Air ev. Kendaraan ini merupakan mobil listrik pertama mereka, yang dibuat secara lokal di pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Foto: Grandyos Zafna

Menurutnya, mobil listrik membuat pengeluaran lebih irit ketimbang harus mengisi bensin yang harganya naik terus. Terlebih, mobil listrik juga memiliki energi ramah lingkungan hingga bebas ganjil genap.

Selain Wuling Air ev, Jusuf Hamka juga berniat membeli mobil listrik Lexus UX300e dan Toyota bZ4X. Namun, mobil listrik dari Lexus itu kemungkinan baru dikirim akhir tahun ini.

"Sekarang pakai Wuling dulu aja wara-wiri," ujar Jusuf Hamka.

Jusuf Hamka juga menantang anak-anak bangsa untuk mengembangkan kendaraan listrik. Bos jalan tol yang ramah itu juga menerima kerja sama dengan perguruan tinggi yang menggarap proyek listrik.

"Saya mau kita coba aja dulu setiap university bikin saya beli satu-satu. Sehingga kita sambil coba buat patroli di jalan tol kuat nggak. Kalau kuat kan itu menjadi suatu pemasaran sendiri bagi kita. Kita promosiin sendiri. Kalau memang anak-anak bangsa ada, kasih tahu saya. Saya pasti beli yang anak-anak bangsa punya daripada saya ambil Wuling," katanya.

"University sambil melakukan penelitian ayo kerja sama sama kita. Nanti saya bisa kasih misalnya jalan tol saya di Surabaya dengan Universitas Brawijaya. Terus yang di Bandung kerja sama sama ITB, ayo ITB melakukan penelitian. Yang di Depok, Desari jalan (tol) saya (bisa kerja sama) dengan UI. Itu kan bisa kalau mereka mau," lanjutnya.



Simak Video "Mulai Rp 850 Ribuan, Wuling Air EV Ternyata Bisa Disewa Harian"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT