ADVERTISEMENT

KIA Rakitan Indonesia Gak Bakal Menumpang di Pabrik Hyundai

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 16 Agu 2022 19:59 WIB
PT Kreta Indo Artha (KIA) memanaskan lantai GIIAS 2022. Tak tanggung-tanggung, pabrikan asal Korea Selatan ini membawa model mobil Internal Combustion Engine (ICE) hingga Battery Electric Vehicles (BEV). Termasuk KIA Carens.
Ilustrasi mobil KIA Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Merek mobil Kia akan melokalisasi produknya di Indonesia. Tapi niat Kia untuk merakit secara lokal tidak menumpang pabrik Hyundai di Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat.

Di negara asalnya, Kia dan Hyundai memang saling berbagi platform. Tapi Kia di Indonesia saat ini dipasarkan lewat anak perusahaan Indomobil Group.

Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha, mengatakan rencana perakitan lokal akan menggunakan fasilitas pabrik yang dimiliki oleh Indomobil Group.

"Segera (completely knocked down) sudah dalam proses dengan departemen terkait untuk rencana CKD," kata Ario saat ditemui di GIIAS 2022, ICE BSD City, Tangerang, Banten.

"Sudah pasti dong (kerjasama dengan Indomobil), karena kita bagian dari Indomobil Group, apapun itu akan ditempatkan di Indomobil. Indomobil kan sudah punya pabrik banyak, kita akan utilize," ujarnya.

Seperti diketahui Hyundai di Indonesia sudah membangun pabrik mobil dengan luas 8,35 juta kaki persegi (77,6 hektare). Nilai investasi yang dikucurkan perusahaan Korea Selatan itu sebesar US$ 1,5 miliar atau setara dengan Rp 21 triliun. Sejauh ini mobil yang dirakit lokal mulai dari Ioniq 5, Creta dan Stargazer.

Ario enggan menyebut nilai investasi baru Kia yang bakal menggunakan fasilitas Indomobil Group. Pun demikian dengan model yang bakal dirakit secara lokal, namun ia memastikan fasilitas pabrik yang digunakan lepas dari Suzuki.

"Nilai belum bisa disebut, apapun itu kalau ada proyek baru pasti ada nilai (tambah) investasinya. Misalnya CKD 100 persen impor investasi tidak banyak, tapi kalau ada kandungan lokal segala macam, pasti lebih banyak lagi investasinya," jelas dia.

Dia mengatakan Kia di Indonesia memanfaatkan fasilitas perakitan, di mana perusahaan ini memiliki beberapa merek satu grup dengan Suzuki, Nissan, VW, Hino, dan Audi.

"Indomobil punya beberapa lokasi yang bukan dipakai Suzuki. Indomobil Memang mempunyai fasilitas assembly plant beberapa. Saya tidak bilang ini bakal dipakai, Indomobil kalau ditanya punya di mana, yang pasti sudah punya contoh di Pulogadung dan Cikampek," jelas Ario.



Simak Video "KIA Carens Melantai di GIIAS 2022, Harga Mulai Rp 385 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT