ADVERTISEMENT

Honda Tak Pajang Mobilio untuk di GIIAS, Sinyal Setop Produksi?

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Selasa, 16 Agu 2022 17:56 WIB
Uji Irit Honda Mobilio di Jakarta, Sabtu (1/2/2020).
Honda Mobilio Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

PT Honda Prospect Motor atau HPM untuk kali pertama tidak memajang Honda Mobilio di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022. Waduh, apakah ini pertanda Honda Mobilio akan setop produksi?

Diketahui, Honda sebelumnya selalu menghadirkan Mobilio di berbagai pameran otomotif Tanah Air. Namun, di GIIAS 2022, mobil keluarga tersebut sama sekali tak terlihat.

"Iya, benar (ini kali pertama pameran tanpa Honda Mobilio)," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy saat dimintai konfirmasi di ICE BSD, Tangerang Selatan, dikutip detikOto, Senin 15 Agustus 2022.

Kendati begitu, Yusak memastikan, meski tak dipajang di selasar pameran, bukan berarti pihaknya berniat menyuntik mati Honda Mobilio. Ini menurutnya hanya soal prioritas saja.

"No, no, no. Belum saatnya bilang selamat tinggal. Enggak ada maksud apa-apa kami enggak pajang Mobilio (di GIIAS 2022). Karena banyak teknologi yang harus kita tampilkan sekarang," tegasnya.

PT Honda Prospect Motor kembali menggelar acara PT Honda Prospect Motor kembali menggelar acara "Mobilio Joyful Weekend" dengan menempuh jarak 60 km dari Jakarta ke Taman Budaya Sentul, Bogor. Foto: Dok. Honda Prospect Motor

"Mobilio kan sampai sekarang masih dijual. Sekali lagi, Mobilio masih terkendala masalah chip semikonduktor yang sama dengan Brio. Brio itu permintaannya tinggi sekali, jadi Mobilio dalam tanda petik harus mengalah," tuturnya menambahkan.

Lebih jauh, Yusak mengaku, permintaan Honda Mobilio di Indonesia masih terbilang lumayan. Permintaan kendaraan tersebut menurutnya lebih didominasi fleet atau korporasi.

"Kalau nanti chip semikonduktor sudah normal, apakah bisa berkembang? Ya, kenapa tidak? Jadi, jangan bilang Mobilio itu selamat tinggal, tidak ada itu," kata Yusak Billy.

Honda Mobilio sendiri resmi diperkenalkan di Indonesia pada September 2013 di ajang Indonesia International Motor Show atau IIMS. Satu tahun setelahnya, kendaraan tersebut resmi dijual di dalam negeri.

Mobilio saat ini berhadapan dengan sejumlah nama tenar di segmen low MPV, misalnya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, serta Mitsubishi Xpander.



Simak Video "Kei Car Mau Masuk Indonesia? Ini Tantangannya"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT