ADVERTISEMENT

Kurang Laku, Kenapa Mobil Termurah Tanpa AC dan Audio Masih Dijual?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 16 Agu 2022 12:02 WIB
Daihatsu Ayla 1.0 D
Ayla D 1.0 M/T Foto: Dok. Aan Andri Setiawan
Jakarta -

Mobil baru paling murah di Indonesia saat ini adalah Ayla 1.0 D M/T. Menyandang status mobil termurah belum tentu bakal laris manis, sebab Daihatsu Ayla 1.0 D M/T tidak dilengkapi fitur AC dan Audio. Kenapa masih dijual oleh Daihatsu?

"Ada saja yang beli. Kecil sedikit, tapi itu tetap kita provide," ujar Division Head Marketing & CR PT Astra International - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Banten, Jumat (12/8/2022).

Jika dilihat secara kumulatif, Daihatsu Ayla termasuk model yang menarik pasar masyarakat Indonesia. Sepanjang Januari - Juni 2022, Ayla sudah terdistribusi dengan total 9.928 unit. Varian yang paling banyak dikirim ialah Ayla 1.0 X M/T sebanyak 2.225 unit, lalu Ayla 1.2 R M/T dengan total 1.925 unit.

Sementara untuk model Ayla 1.0 D M/T semester pertama tahun 2022 ini baru terdistribusi sebanyak 8 unit saja. Varian ini jadi LCGC termurah saat ini dengan harga Rp 110 juta.

Namun, harga murah ditawarkan berdampak pada fitur-fiturnya. Mobil ini terbilang sangat sederhana baik dari segi tampilan maupun kelengkapan fiturnya. Memang pada varian Ayla 1.0 D M/T ini belum dilengkapi dengan AC dan Radio.

Lalu siapa saja target konsumen Ayla 1.0 D M/T?

"Targetnya pingin banget beli mobil, mungkin kebutuhannya, ada keluarganya daripada mungkin dia naik motor tidak bisa, ingin punya mobil dengan harga paling terjangkau," ujar Hendrayadi.

Ada juga varian 1.0 D+, varian ini jika dilihat dari luar masih mirip dengan 1.0 D M/T sebab sama-sama belum mendapatkan penyegaran wajah. Hanya saja pada varian ini sudah dibekali dengan Air Conditioner (AC), power window, dan power door lock. Harganya hanya selisih Rp 12,5 juta. Dengan bekal tersebut penjualannya tembus 1.800 unit di semester pertama 2022.



Simak Video "Mobil Termurah di Indonesia Tanpa AC dan Radio, Emang Laku?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT