ADVERTISEMENT

Wuling Sudah Bikin Mobil Listrik Rp 200 Jutaan, Honda Nggak Mau Ikutan?

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 15 Agu 2022 10:11 WIB
PT Honda Prospect Motor memperkenalkan Accord Hybrid di GIIAS 2022.
Mobil hybrid Honda di GIIAS. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Wuling Air ev menjadi asa baru bagi orang Indonesia yang menginginkan mobil listrik dengan harga terjangkau.Apakah langkah Wuling ini akan diikuti pabrikan-pabrikan lain, termasuk Honda?

Mobil listrik mungil Wuling Air ev dijual mulai Rp 238 juta sampai yang termahal Rp 295 juta. Sejauh ini mobil listrik mini tersebut dapat respons positif.

Ini merupakan kali pertama di Indonesia ada mobil listrik dengan harga di bawah Rp 300 juta. Sebelumnya, harga mobil listrik di Tanah Air dijual di atas Rp 700 jutaan.

Sejumlah pengunjung tengah melihat mobil listrik Wuling AirEv yang dipajang di ajang GIIAS 2022, ICE BSD, Tangerang Selatan, Kamis (11/8/2022). Wuling Motors, yang menghadirkan model Wuling Air ev. Kendaraan ini merupakan mobil listrik pertama mereka, yang dibuat secara lokal di pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.Wuling Air ev jadi mobil listrik termurah di Indonesia. Foto: Grandyos Zafna

Jejak Wuling menghadirkan mobil listrik dengan harga terjangkau itu pun diharapkan bisa ditiru oleh para pabrikan lain. Tak terkecuali pabrikan Jepang yang berkecimpung di industri otomotif Tanah Air. Pasalnya, untuk urusan mobil listrik murni baru ada Nissan dan Lexus yang berani memboyongnya ke sini.

Sisanya, justru tengah menyiapkan mobil jenis hybrid. Salah satunya adalah Honda. Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, untuk pertama kalinya Honda mengenalkan teknologi hybrid lewat Accord dan juga CR-V. Tapi keduanya belum dijual, melainkan hanya dipajang sekaligus menjadi bukti keseriusan Honda dalam pengembangan kendaraan elektrifikasi.

Lalu mengapa Honda belum mengikuti jejak Wuling dalam mengenalkan mobil listrik dengan harga terjangkau?

"Dunia selalu mengalami perubahan, dan kita selalu mengikuti kebutuhan konsumen dan lingkungan serta infrastruktur. Makanya kami berpendapat hybrid jembatannya dulu sembari melihat infrastruktur ke depan," terang Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, saat ditemui di arena GIIAS 2022.

Bicara mobil listrik murni, Honda tidak bisa dibilang ketinggalan. Honda sudah memiliki mobil listrik Honda e yang dijual di Jepang dan Eropa. Seperti halnya Wuling Air ev, Honda e juga bentuknya mungil dan mampu memuat empat orang di dalamnya.

Honda memamerkan mobil listrik Honda e di Frankfurt Motor Show, September 2019.Honda e. Foto: Honda via Newspress

Sinyal kehadiran Honda e di Indonesia terlihat dalam paten desain dalam pangkalan data kekayaan intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia.

Honda e terdaftar dengan nomor perlindungan A00201901438 uang didaftarkan atas nama pemegang Honda Motor Co, Ltd. Dugaan Honda e semakin kuat saat pendesainnya atas nama Ken Sahara diketahui sebagai Senior Exterior Designer dari Honda e. Meski begitu, Honda menyebut bakal lebih dulu memasarkan mobil hybrid pada tahun 2023.

"True teknologi itu yang membuat konsumen happy, pasti kita ke arah sana," kata Billy.



Simak Video "Lexus RX Terbaru Muncul di GIIAS 2022, Ada Versi Listrik dan Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT