ADVERTISEMENT

Mobil Listrik Hyundai Dipakai Kepala Negara G20, Lexus buat Pejabat di Bawahnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 12 Agu 2022 17:03 WIB
Ini Dia Mobil Listrik Genesis G80 yang Jadi Kendaraan Delegasi KTT G20
Foto: Mobil Listrik Genesis G80 yang Jadi Kendaraan Delegasi KTT G20 (Dok. Genesis)
Jakarta -

Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, November 2022 mendatang. Tamu negara akan disediakan berbagai macam kendaraan listrik.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, untuk G20 sudah ada beberapa pabrikan otomotif yang siap menyediakan mobil listriknya. Mobil listrik yang akan digunakan di KTT G20 antara lain Genesis G80 yang dipasok Hyundai, Lexus UX300e yang disediakan oleh Toyota, serta mobil listrik mungil Wuling Air ev.

"G20 nanti akan ada unit dari Hyundai (Genesis G80) yang akan digunakan kepala negara. Kemudian dari Toyota dengan Lexus yang juga akan digunakan oleh para pejabat di bawah presiden. Kemudian ada Wuling EV," ujar Airlangga dalam sambutannya di acara pembukaan GIIAS 2022 di ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/202).

Sebagai informasi, Genesis yang akan dipakai sebagai mobil kepala negara di G20 adalah merek otomotif mewah global dari Hyundai Motor Group yang memberikan standar tinggi dalam hal performa, desain, keamanan, dan inovasi. Nantinya, kepala negara di G20 akan menumpangi Genesis Electrified G80, yang merupakan model EV premium pertama Genesis.

Mobil ini diklaim memiliki performa dan teknologi tingkat tinggi. Pada sisi eksterior, model ini memiliki bentuk yang menarik perhatian dengan grille yang aerodinamis berbentuk pola G-Matrix terbalik khas Genesis. Pada sisi interior, menggunakan 'Beauty of White Space' dengan material ramah lingkungan.

Selain Genesis G80, Hyundai juga akan menyediakan Hyundai Ioniq 5 buatan Cikarang pada perhelatan KTT G20.

Sementara mobil Lexus yang akan digunakan pejabat di bawah presiden adalah mobil Lexus UX300e. PT Toyota-Astra Motor akan menyediakan Lexus UX300e yang merupakan kendaraan premium dengan teknologi Battery Electric Vehicle (BEV) sebagai bagian kendaraan resmi untuk anggota delegasi dari berbagai negara. Mobil listrik Lexus ini dijual seharga Rp 1,431 miliar. Lexus UX300e hadir dengan baterai berkapasitas 54,3 kWh. Sekali ngecas penuh jarak tempuhnya bisa mencapai 200-300 km.

Ada pula mobil listrik mungil Wuling yang digunakan di G20. Namun, tidak disebutkan mobil listrik Wuling akan digunakan untuk apa. Wuling menyediakan 300 unit mobil listrik untuk G20. Nantinya, seluruh unit yang digunakan dalam acara tersebut merupakan unit yang diproduksi di fasilitas pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.



Simak Video "Indonesia Bawa 5 Misi Kesehatan di G20"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT