ADVERTISEMENT

Mobil Listrik Lebih Banyak Dicari di Google Dibanding SUV-Hatchback

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 09 Agu 2022 19:58 WIB
Ilustrasi mobil listrik
Foto: Mobil listrik (Getty Images/iStockphoto/Tramino)
Jakarta -

Minat masyarakat terhadap kendaraan listrik mulai meningkat. Hal itu terbukti dari data Google Indonesia yang menyebutkan peningkatan penelusuran terkait kendaraan elektrifikasi.

Karlina Ayuningtyas, Industry Analyst Automotive Google Indonesia mengatakan terjadi peningkatan pencarian kendaraan listrik di mesin peramban Google di Indonesia. Itu termasuk kendaraan hybrid, plug-in hybrid dan kendaraan listrik berbasis batrai.

"Dari data Google, baik dari pencarian Google maupun YouTube, kategori kendaraan elektrik happening banget. Growth-nya lebih dari 50%. Orang Indonesia benar-benar lagi di masa kepo atau ingin mencari tahu (soal kendaraan listrik)," ucap Karlina dalam acara "Media Briefing: The Automotive Industry and the Road to Recovery", Selasa (9/8/2022).

Bahkan, pencarian kendaraan listrik mengalahkan pencarian kendaraan jenis SUV dan hatchback.

"Kalau kita bandingin, volume (pencarian) kendaraan listrik dibanding SUV atau hatchback, (kendaraan listrik) lebih tinggi 30% dibanding SUV atau hatchback," sebut Karlina.

Menurut Google Indonesia, konsumen menggunakan Google Search dan YouTube untuk memulai - dan menyelesaikan - perjalanan pembelian mereka. Disebutkan, penelusuran untuk topik terkait kendaraan hybrid naik 53% selama periode yang sama. Sementara penelusuran dengan kata kunci terkait mobil listrik naik 60% di YouTube.

Tak cuma mobil hybrid, sepeda motor listrik juga bikin orang penasaran. Selama periode yang sama, penelusuran untuk "motor listrik" di YouTube naik 85%.

"Kita tentu dapat melihat bahwa orang Indonesia ingin tahu tentang kendaraan listrik, tetapi kita juga melihat keinginan yang lebih besar untuk membelinya," kata Karlina Ayuningtyas, Industry Analyst, Google Indonesia.

Karlina melanjutkan, penelusuran harga kendaraan listrik mencapai 35% dari pencarian terkait kendaraan listrik secara keseluruhan. Sementara 29% dari penelusuran terkait kendaraan hybrid adalah pencarian untuk informasi harga.

"Ini menunjukkan peluang besar bagi merek yang mencoba untuk merebut generasi konsumen yang baru ini, yang 90% di antaranya mencari informasi tentang kendaraan listrik secara online," ucap Karlina.

Adapun mobil listrik yang paling dicari di Google antara lain Hyundai EV, Wuling Air EV, Kona EV, Tesla, dan Hyundai Ioniq. Pencarian dengan kata kunci Kia EV6 hingga Innova Electric juga menjadi beberapa kata kunci dengan pertumbuhan yang paling pesat.



Simak Video "Orang Indonesia Ternyata Suka Healing ke Desa Wisata"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT