ADVERTISEMENT

Ini Mobil yang Paling Banyak Dicari di Google

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 09 Agu 2022 13:59 WIB
Jakarta -

Google Indonesia mencatat pencarian terhadap mobil baru di mesin peramban meningkat dalam 12 bulan terakhir. Ini menandakan minat masyarakat Indonesia terhadap pembelian kendaraan mulai meningkat.

Selama masa pandemi COVID-19 sejak dua tahun lalu, industri otomotif mulai terpuruk. Dengan meningkatnya pencarian terhadap mobil baru berarti menandakan tren positif untuk industri otomotif.

"Dua tahun belakang ketika pandemi industri otomotif salah satu terdampak. Demand drop down. Sekarang kebutuhan akan otomotif mulai recovery. Bahkan mulai Mei 2022 kurva (pencarian mobil baru di Google) naiknya lumayan banget, 64% kenaikan year on year (dibanding tahun sebelumnya)," kata Karlina Ayuningtyas, Industry Analyst Automotive Google Indonesia dalam acara "Media Briefing: The Automotive Industry and the Road to Recovery", Selasa (9/8/2022).

Karlina menyampaikan, pihaknya juga melakukan riset terhadap model yang paling banyak dicari orang Indonesia di Google. Menurut Karlina, kalau dari sisi produk data Google menyatakan jenis mobil yang paling banyak dicari orang Indonesia di Google adalah MPV.

"Masyarakat Indonesia top of mind masih MPV atau family car. Pencairannya cukup jauh, paling tinggi. Pencarian dari MPV masih paling tinggi," ucap Karlina.

Kata kunci MPV yang dicari masyarakat Indonesia termasuk Avanza, Veloz, Xenia, Mobilio, Xpander, Livina, Ertiga, Calya, Innova dan Sigra. Selanjutnya, hatchback dan SUV juga jadi jenis mobil paling banyak dicari di Indonesia.

Menurut Karlina, mayoritas konsumen yang ingin membeli mobil pasti melakukan pencarian lebih dulu di Google. Setelah melakukan pencarian di Google dan telah membanding-bandingkannya, baru konsumen memutuskan untuk membeli kendaraan pilihan.

"Sembilan dari 10 orang yang mau beli mobil itu dia udah pakai online touch point, untuk cari-cari informasi, untuk melihat review-review di YouTube," ucap Karlina.

Dia bilang, menurut data Google, orang juga banyak yang mencari informasi dealer offline untuk pembelian kendaraan. Pencarian dengan kata kunci 'dealer terdekat' pun naik signifikan.

"Kalau kita ngomongin pencarian 'dealer terdekat', kenaikannya 43%. Indikasi orang pun mau bikin keputusan offline ngeceknya di online," sebut Karlina.

(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT