ADVERTISEMENT

Mobil Listrik Wuling Air ev Resmi Diproduksi di Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 08 Agu 2022 12:37 WIB
Wuling Air ev Mulai Diproduksi di Indonesia
Foto: Wuling Air ev Mulai Diproduksi di Indonesia (Luthfi Anshori/detikcom)
Cikarang -

Wuling Motors (Wuling) meresmikan produksi perdana mobil listrik mereka, Air ev. Mobil listrik mungil ini akan dijual di Indonesia, sekaligus diekspor ke luar negeri.

Seremoni peluncuran produksi perdana Wuling Air ev dilaksanakan langsung di pabrik PT SGMW Motor Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

Selain dihadiri jajaran manajemen Wuling Motor Indonesia, acara ini juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Presiden Direktur Wuling Motors, Shi Guoyong mengatakan, pada 2015 Wuling datang ke Indonesia dan hanya dalam beberapa tahun investasinya meningkat jadi 1 miliar USD dengan lebih dari 6 jenis produk mobil telah diperkenalkan.

"Dan jika dilihat dari penjualan dan pangsa pasarnya, Wuling berhasil mencapai posisi keenam di industri otomotif Indonesia dan telah punya 90 ribu lebih pengguna, di mana telah menjadikan Wuling salah satu perusahaan yang berperan di pasar otomotif Indonesia," kata Guoyong di pabrik PT SGMW Motor Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

Ditambahkan Guoyong, kehadiran Wuling Air ev merupakan salah satu kontribusi penting Wuling terhadap penghematan energi, pengurangan emisi, dan kontribusi terhadap kendaraan ramah lingkungan.

"Kendaraan listrik yang kami luncurkan hari ini adalah kendaraan listrik berbasis baterai terbaru yang dikembangkan Wuling untuk dunia. Dan Indonesia telah menjadi stasiun peluncuran perdana," sambungnya.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia dan pimpinan lembaga-lembaga pemerintah atas segala dukungan dan bantuannya, serta Kedutaan Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia," tambah Guoyong.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengapresiasi Wuling Air ev sebagai mobil listrik yang diproduksi secara nasional.

"Kami apresiasi bahwa ini adalah BEV yang diproduksi secara nasional dan tidak minta macam-macam. Berbeda dengan yang lain, di (Wuling Motors) sini lebih banyak bekerja, dibanding berbicara," bilang Airlangga.

Wuling Air ev Mulai Diproduksi di IndonesiaWuling Air ev Mulai Diproduksi di Indonesia Foto: Luthfi Anshori/detikcom

"Kita berharap bahwa (mobil) ini akan sukses untuk mendapatkan perhatian publik, karena harganya yang cukup terjangkau dibanding EV-EV yang lain," sambungnya.

Sebagai informasi, mobil listrik mungil ini dipasarkan dengan estimasi harga Rp 250 juta - Rp 300 juta untuk area DKI Jakarta. Wuling Motors juga telah membuka keran pemesanan Air ev kepada para konsumen Tanah Air.

Mobil ini diklaim memiliki beberapa keunggulan, antara lain didukung rangka kokoh dibalut desain eksterior future-tech. Pengisian daya diklaim mudah, karena dapat dilakukan di rumah. Wuling juga memastikan bahwa keamanan baterai di kendaraan listriknya ini terjamin, sehingga konsumen dapat merasa tenang selama perjalanan.

Bicara kapasitas, kabin Wuling Air ev mampu menampung 4 penumpang, dengan pengaturan 50:50 pada bangku baris kedua untuk memberikan akses lebih. Aspek kenyamanannya juga ditunjang dengan aplikasi Synthetic Leather Seat di seluruh bangku.

Mobil listrik ini ditunjang penggunaan Intelligent Tech Dashboard di bagian depan yang memadukan panel dan kenop futuristik serta layar antarmuka luas. Pada bagian dashboard ada pula Multifunction Steering Wheel dengan logo Wuling silver yang dilengkapi tombol pengoperasian audio dan menu.

Pada area Intelligent Tech Dashboard, Wuling menghadirkan sentuhan canggih lewat Integrated Floating Wide Screen. Area ini terdiri dari head unit berdimensi 10,25" serta meter cluster berukuran 10,25". Desain yang canggih dan inovatif ditonjolkan dengan kehadiran layar yang luas pada bagian dashboard.

Tidak hanya itu, entertainment system pada headunit juga sudah dilengkapi dengan konektivitas internet sehingga pengguna bisa mengakses beragam hiburan yang menjadikan perjalanan semakin menyenangkan.

Terdapat pula cup holder yang terletak persis di depan kisi-kisi AC yang menjaga suhu dingin minuman penumpang dalam perjalanan. Selain itu, Air ev dilengkapi dengan beberapa kompartemen yang bisa dimanfaatkan oleh penumpang untuk penyimpanan barang bawaan.

Selain itu, implementasi konsep modern dan futuristik juga tertuang dalam tampilan konsol tengah. Pada bagian ini, Rotary Gear Selector hadir sebagai pengoperasi transmisi dengan knop putar futuristik yang dihiasi chrome ring dan pola unik di sekelilingnya. Selain itu, konsol tengah kendaraan ini juga turut dilengkapi dengan tombol pengoperasian jendela elektrik, Electric Parking Brake, dan Auto-Vehicle Holding.

Sebelumnya, area eksterior Wuling Air ev yang bergaya Future Tech telah diperlihatkan kepada publik secara resmi awal Juni lalu di Central Park, Jakarta. Terdapat lima pilihan warna yang tersedia untuk Wuling Air ev, yakni peach pink, pristine white, galaxy blue, avocado green, dan lemon yellow. Wuling Air ev ditawarkan dalam dua pilihan model, standard range dan long range.



Simak Video "Tetap Mewah Walau Murah! Ini Wujud Mobil Listrik Wuling Air ev"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT