ADVERTISEMENT

Hyundai Creta 'Buatan' Cikarang Laris Manis di Luar Negeri

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 30 Jul 2022 17:10 WIB
Hyundai Creta
Ilustrasi ekspor Hyundai Creta. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Hyundai tidak hanya memproduksi SUV Creta di Cikarang untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik. PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia juga diketahui melakukan ekspor Hyundai Creta secara utuh ke beberapa negara.

Berdasarkan data distribusi ekspor yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor CBU (Completely Build-up Unit) Hyundai Creta sejak Februari jumlahnya terus bertambah.

Pada Februari, ekspor Hyundai Creta tercatat hanya 853 unit. Kemudian pada Maret, jumlahnya langsung melonjak menjadi 1.946 unit. Berlanjut ke bulan April, Hyundai mengirim 2.611 unit Creta. Tren peningkatan ekspor Hyundai Creta masih berlanjut pada Mei. Sepanjang bulan kelima tahun 2022 itu ekspor Creta mencapai 3.099 unit.

Kemudian pada Juni, ekspor Hyundai Creta terus meningkat menjadi 4.043 unit. Bila ditotal ekspor Hyundai Creta hingga pertengahan tahun 2022 ini telah mencapai 12.552 unit.

Saat ini tercatat ada beberapa negara yang menjadi tujuan dari Hyundai Creta buatan Cikarang itu yakni mulai dari kawasan Asia Pasifik, Vietnam, Timur Tengah, Afrika, dan Filipina.

Pabrik Hyundai di kawasan Delta Mas, Cikarang memang didapuk sebagai pusat produksi Hyundai di Asia Tenggara. Hal ini berarti, pabrik Hyundai di Indonesia ini akan memproduksi berbagai model Hyundai beserta suku cadangnya untuk kemudian di ekspor ke negara-negara di Asia tenggara seperti Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Filipina.

Hyundai berencana untuk mengekspor sekitar 40% kendaraan hasil produksinya untuk memenuhi permintaan pasar di negara-negara ASEAN. Lalu soal fitur, tampaknya tidak ada perbedaan signifikan antara Hyundai Creta yang dijual untuk pasar Indonesia dengan pasar mancanegara.

Adapun di Indonesia, Hyundai Creta dilengkapi dengan lampu Parametric Jewel Hidden-Type DRL. Karakteristik tersebut juga terdapat pada High Mounted Stop Lamp (HMSL)di sisi belakang, sehingga melengkapi kombinasi yang memberikan kesan kendaraan berteknologi tinggi. Tampilan luar mobil yang sporty juga dilengkapi dengan 17-inchi Diamond Cut Alloy Wheels. Tampilan itu juga terlihat di Hyundai Creta untuk pasar ekspor.

Hyundai juga menyajikan ventilated seat, display audio berukuran 8 inchi, Ventilated Seat, hingga Panoramic Sunroof. Lalu terdapat juga fitur berbasis radar yang membantu pengendara ketika tengah berada jauh dari mobil.



Simak Video "Hyundai Creta Buatan RI Dijual di Thailand, Segini Perbandingan Harganya"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT