ADVERTISEMENT

Honda HR-V Tancap Gas, Hyundai Creta Ketinggalan Lagi

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 21 Jul 2022 14:06 WIB
Pasokan HR-V ditambah, inden jadi terpangkas
Penjualan Honda HR-V meningkat seiring dengan pulihnya kondisi distribusi. (Foto: Dok.Honda Prospect Motor)
Jakarta -

Penjualan Honda HR-V kembali ngegas seiring meningkatnya pasokan komponen produksi. Kenaikan penjualan membuat HR-V meninggalkan Hyundai Creta lagi

Distribusi Honda HR-V perlahan-lahan mulai pulih. Hal ini tentu berpengaruh terhadap penjualan wholesales dari Low SUV andalan Honda tersebut. Berdasarkan data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Juni penjualan Honda HR-V mengalami peningkatan menjadi 1.892 unit dari 1.799 unit.

Peningkatan penjualan wholesales ini juga memberikan pengaruh terhadap masa tunggu konsumen terhadap HR-V. Inden HR-V yang semula menyentuh 5 bulan kini terpangkas menjadi 2-3 bulan saja tergantung tipe, warna, dan juga lokasi dealer.

"Kami bersyukur bahwa pasokan komponen untuk produksi mulai meningkat di semester kedua tahun ini sehingga kami dapat mengirimkan All New HR-V ke lebih banyak konsumen yang telah memesan. Ke depannya, kami akan terus memonitor ketersediaan komponen dan berusaha menjaga kondisi pasokan unit agar dapat semakin cepat memenuhi permintaan konsumen untuk model-model Honda," ungkap Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy dalam siaran persnya.

Torehan penjualan wholesales Honda HR-V itu membuat sang penantang Hyundai Creta ketinggalan lagi. Pada periode yang sama, distribusi Creta dari pabrik Hyundai ke dealer-dealer sebanyak 1.574 unit. Adapun capaian Creta itu juga mengalami peningkatan cukup signifikan karena pada periode sebelumnya hanya menyentuh 1.072 unit.

Hyundai CretaHyundai Creta. Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Keduanya memang diketahui bersaing ketat di segmen SUV berkapasitas lima penumpang itu. Masing-masing tentu menawarkan keunggulannya sendiri.

Sejak kehadirannya, Creta membawa angin segar dan memberikan ragam sentuhan baru yang belum ada di kelasnya. Tak mau kalah, versi terbaru Honda HR-V dikenalkan beberapa bulan setelahnya. Wujudnya berubah, fitur yang disajikan juga makin canggih.

Keduanya juga dijual dengan harga yang cukup kompetitif. Bisa dilihat dari sisi penjualan, baik Honda HR-V maupun Creta selisihnya tidak terlampau jauh.



Simak Video "Adu Jualan, Lebih Laris Honda HR-V atau Hyundai Creta di Juni 2022?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT