ADVERTISEMENT

Ternyata Ini Rahasia Penjualan Kendaraan Komersial Isuzu Tokcer

M Luthfi Andika - detikOto
Senin, 18 Jul 2022 09:50 WIB
Isuzu D-Max 1.9 merupakan jagoan baru di kelas pick-up. Meski diplot Isuzu sebagai mobil operasional di tambang, mobil ini juga asyik dibawa untuk road trip.
Isuzu D-Max Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Produk yang baik belum tentu bisa mendongkrak penjualan, hal tersebut yang dirasakan produsen mobil asal Jepang Isuzu. Rupanya ada satu rahasia yang membuat penjualan kendaraan komersial Isuzu bisa bersaing di Indonesia, yaitu pelayanan after sales yang baik menjadi kunci utamanya.

Customer and Product Services Division Head Astra Isuzu Heri Wasesa, mengatakan dalam siaran resminya bahwa dalam beberapa tahun ini, penjualan Isuzu terus melonjak. Berdasarkan Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, sepanjang 2021, penjualan Isuzu naik 52 persen dari tahun 2020 yakni dari 17.855 unit menjadi 27.276 unit. Lalu, semester 1 2022, penjualan Isuzu mencapai 14.956 unit atau melonjak 25 persen jika dibandingkan periode yang sama 2021 yang sebanyak 11.968 unit.

"Untuk segmen kendaraan komersial, layanan after sales menjadi pertimbangan besar bagi konsumen memilih kendaraan. Mereka tidak ingin armada operasionalnya terganggu," ujar Heri.

Untuk lebih menunjang kebutuhan pelaku usaha, sejumlah program diberikan mengacu pada pemenuhan kebutuhan konsumen. Diakui, tiap konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Hal itulah yang membuat Astra Isuzu terus menggali kebutuhan tiap konsumen, sehingga terus melakukan pendekatan intensif ke para pelaku usaha. Secara umum, para konsumen ingin produktivitasnya tinggi. Artinya, ketersediaan unit kendaraan harus tinggi, mobil tidak boleh mogok.

Program yang berhasil diterapkan Astra Isuzu di perusahaan logistik dalam beberapa tahun ini, kini diterapkan ke bidang migas, pertambangan, dan perkebunan. Baik itu kesiapan layanan darurat 24 jam, program fleksibilitas service seperti mechanic on site ataupun part on site yang dapat mendukung operasional bisnis pelanggan langsung di lokasi kerja.

Dikatakan, Isuzu Command Center bisa memenuhi kebutuhan konsumen selama 24 jam dalam 7 hari seminggu ke seluruh wilayah Nusantara. Di mana pun kendaraan konsumen bermasalah, bisa ditangani. Sehingga dalam tiga tahun belakangan ini, repeat order pembelian kendaraan Isuzu di segmen logistik meningkat luar biasa.

Isuzu D-Max 1.9Isuzu D-Max 1.9 Foto: Agung Pambudhy/detikcom

"Malah, mekanik kami tidak hanya meng-cover unit-unit Isuzu saja, tetapi juga merek lain. Pola ini sekarang ditiru kompetitor. Artinya, kalau sudah ditiru, kami menganggap layanan kami sangat bagus untuk industri ini," kata Heri.

Berbagai tanggapan diutarakan konsumen Isuzu, seperti diakui Hendri, manager Purchasing PT Bara Permata Mining.

"Produk Isuzu bagus, tenaganya lebih bagus dari kompetitor. Tetapi yang menjadi keunggulan utama adalah layanan after salesnya, seperti kemudahan mendapatkan spare part dan dukungan mekaniknya. Layanan after sales Astra Isuzu sangat mendukung operasional kami ditambang, ada mekanik untuk maintenance di lokasi site kami di Sungai Lilin (Palembang)," tutur Hendri.

Saat ini, perusahaannya mulai mengganti armada lamanya dari merek lain ke Isuzu. Total ada 75 unit yang dipesan, namun baru tiba 50 unit, sisanya masih inden. Hendri juga menjelaskan, perusahaannya menggunakan banyak truk Isuzu Giga dan ELF. Kini, sedang membidik D-MAX dan MU-X yang memiliki kapasitas mesin kecil, 1900 CC, tetapi tenaga besar.

Hal senada juga disampaikan Arnis Diandra, Direktur PT Bukit Nusa Internusa.

"Selama ini, kami tidak menemui kendala dengan mobil Isuzu. Apalagi, kesiapan mekanik Astra Isuzu sangat membantu performa operasional kendaraan. Saat ini perusahaan kami memiliki 50 unit Isuzu dan akan menambah 20 unit mobil Isuzu D-Max terbaru," ujar Arnis.



Simak Video "Mobil Tambang Dibawa Road Trip, Seberapa Irit Isuzu D-Max?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT