ADVERTISEMENT

Ferrari 296 GTB Baru Rilis di RI, Ferrari 296 GTS Hadir di Asia Tenggara

Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 17 Jul 2022 11:11 WIB
Ferrari 296 GTS
Ferrari 296 GTS resmi meluncur untuk pasar Asia Tenggara (Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)
Jakarta -

Ferrari Eurokars selaku Agen Pemegang Merek (APM) Ferrari di Indonesia belum lama ini merilis 296 GTB. Namun versi atap terbuka dari mobil ini, Ferrari 296 GTS, juga baru hadir untuk pasar Asia Tenggara.

Peluncuran Ferrari 296 GTS ini dilakukan di Sirkuit Sepang, Malaysia pada awal Juli 2022 lalu. Acara ini dilakukan setelah sesi tes drive Ferrari 296 GTB yang turut dihadiri oleh tim detikOto.

Ferrari 296 GTSFerrari 296 GTS hadir dengan model atap yang bisa terbuka Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Mirip dengan SF90 Stradale dan SF90 Spider, Ferrari 296 GTS sejatinya model yang satu basis dengan 296 GTB. Namun huruf S yang menggantikan B pada nomenklaturnya, menandakan model ini sebuah 296 dengan model atap yang bisa terbuka.

Karena satu basis, Ferrari 296 GTS membawa spesifikasi mesin, sasis, hingga fitur yang sama. Bahkan di model ini, paket spesial Assetto Fiorano pun bisa ditambahkan.

Ferrari 296 GTS menggunakan mesin V6 twin-turbo yang dikawinkan dengan motor listrik dan baterai yang dapat dicas langsung. Hal ini yang membuatnya sebagai Ferrari berjenis PHEV atau Plug-in Hybrid Electric Vehicle.

Hadirnya baterai berkapasitas 7,45 kWh membuat 296 GTS ini dapat melaju tanpa emisi bak mobil listrik murni sejauh 25 km. Selain itu baterai ini juga dapat mendorong mesin untuk berakselerasi lebih buas tanpa powerloss.

Ferrari 296 GTSSebagai PHEV, baterai di Ferrari 296 GTS dapat dicas langsung Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Motor listrik di 296 GTS ini tak hanya untuk efisiensi bahan bakar, melainkan untuk menambah tenaga serta membantu akselerasinya.

Mesin bensin V6 twin-turbo di 296 GTS ini diklaim punya tenaga hingga 663 PS. Sedangkan tenaga dari motor listriknya, diklaim 167 PS. Sehingga total Ferrari 296 GTS ini dapat melaju dengan tenaga mesin total 830 PS.

Tenaga dari mesin hybrid-nya ini tersalurkan ke roda belakang dengan transmisi 8-percepatan dual clutch yang sangat responsif.

Menariknya, dimensi mobil ini tergolong kompak untuk sebuah supercar. Jarak sumbu rodanya lebih pendek sekitar 50 mm ketimbang F8 Tributo.

Ferrari 296 GTSFerrari 296 GTS tersedia dalam pake Assetto Fiorano yang lebih pas dipakai di trek karena bobot yang lebih ringan dan sejumlah spek khusus Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Panjang total dan jarak sumbu roda mobil ini bahkan lebih pendek ketimbang Honda Civic RS, yakni di 4.565 mm untuk panjang dan 2.600 mm untuk jarak sumbu rodanya. Hal ini yang membuat pengendalian 296 GTS menjadi sangat lincah.

Belum lagi, sejumlah fitur untuk mendukung keselamatan serta keasyikan Ferrari ke mobil ini. Ferrari 296 GTS memiliki fitur ABS Evo dengan Six-Way Chassis Dynamic Sensor (6w-CDS) yang bisa bikin mobil tetap terkontrol meski keluar-masuk tikungan yang sulit.

Seperti biasa, Ferrari tidak membeberkan harga jual dari lini modelnya, termasuk 296 GTS ini. Sebab Ferrari mengatakan, tiap unit yang terjual bisa saja beda satu sama lain, karena mobil ini dibuat sesuai pesanan.



Simak Video "Ferrari 296 GTS Meluncur di Malaysia, Harganya Berapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT