ADVERTISEMENT

Suzuki Baleno Sepi Peminat, 4 Bulan Nihil Penjualan

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 15 Jul 2022 13:51 WIB
Jakarta, 20 Desember 2019 – Hari ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan New Baleno,
yang merupakan Baleno generasi ke-6, di Aluca, SCBD, Jakarta. Hatchback andalan Suzuki ini tampil
semakin premium dengan desain eksterior dan interior yang modern. New Baleno hadir sebagai The
Complete Hatchback yang dapat melengkapi gaya hidup urban dan keluarga muda yang dinamis.
Suzuki Baleno sepi peminat. Foto: Suzuki
Jakarta -

Ada yang mencolok dari data penjualan mobil Suzuki di Indonesia. Berdasarkan data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dari seluruh model mobil yang ditawarkan Suzuki di Indonesia, terlihat ada beberapa model sepi peminat.

Salah satunya adalah Suzuki Baleno. Sejak Januari hingga Juni 2022, penjualan Baleno dari pabrik ke dealer terus merosot. Bila pada Januari ada 35 unit Suzuki Baleno terdistribusi, maka pada Februari hanya ada 2 unit.

Berlanjut ke bulan Maret, cuma 1 unit Baleno diantar ke dealer-dealer Suzuki. Kemudian mulai April hingga Juni sudah tidak ada lagi unit Suzuki Baleno yang dikirim ke dealer. Suzuki Baleno tidak sendiri. Distribusi Ignis sejak Maret sampai Juni terlihat kosong.

Adapun minimnya distribusi mobil CBU Suzuki di Indonesia disebut merupakan salah satu strategi dari pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu. Ya, keduanya didatangkan Suzuki secara utuh dari India. Namun santer juga kabar beredar, Suzuki bakal mendatangkan Baleno versi terbaru bersamaan dengan model lain di pameran GIIAS 2022.

"Salah satu strategi kamu di tahun 2022 untuk penjualan kami fokuskan pada produk yang kami produksi di Indonesia," ungkap Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W Donny Saputra saat dikonfirmasi detikcom belum lama ini.

Pernyataan Donny itu memang berbanding lurus dengan data penjualan wholesales mobil Suzuki produksi dalam negeri. Mengambil contoh model Ertiga hingga XL7 masih moncer. Di sisi lain, model-model tersebut juga tidak hanya diproduksi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, melainkan diekspor utuh ke mancanegara.

Suzuki juga diketahui tengah fokus untuk pengembangan kendaraan elektrifikasi di dalam negeri. Terbaru, Suzuki baru saja merilis Ertiga Hybrid untuk pasar otomotif Indonesia. Suzuki Ertiga Hybrid menjadi yang pertama di kelasnya yakni segmen Low MPV.

Suzuki Ertiga Hybrid juga menjadi mobil hybrid paling murah di Indonesia. Kalau umumnya mobil hybrid dibanderol nyaris Rp 500 juta, Suzuki Ertiga hybrid justru dijual di bawah Rp 300 juta.



Simak Video "Mobil Terlaris di Mei 2022: Toyota Masih Raja, Hyundai Salip Wuling"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT