ADVERTISEMENT

Moeldoko Soal Mobil Hybrid: Kalau Bisa Langsung Listrik Kenapa Tidak?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 12 Jul 2022 09:24 WIB
Mobil listrik Honda E
Mobil listrik BEV (Battery Electrik Vehicles) Foto: Dok. Honda
Jakarta -

Moeldoko selaku Ketua Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) menyampaikan pandangannya soal elektrifikasi di Indonesia. Menurutnya Indonesia bisa langsung loncat ke Battery Electric Vehicles (BEV) tanpa harus transisi lebih dulu ke hybrid.

"Ya kalau bisa langsung murni listrik kenapa tidak," tanggap Moeldoko saat ditemui di Tribata, Jakarta Selatan, Senin (11/7/2022).

Di sisi lain, Hybrid dipandang cocok untuk masyarakat Indonesia. Selain harga yang bisa lebih murah dari BEV, mobil hybrid juga menjadi jembatan teknologi transisi elektrifikasi di saat infrastruktur seperti charging station belum memadai.

"Itu persepsi. Tapi bagi Indonesia kalau bisa langsung lebih bagus," jelas Moeldoko.

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengatakan industri serta ekosistem mobil listrik tak akan tercapai jika hanya saling menunggu.

Soal mobil listrik itu, Moeldoko mengandaikan seperti telur dan ayam, yang mana yang lahir duluan. Bila sudah saling menunggu seperti itu, bisa-bisa Indonesia terlambat menerapkan penggunaan kendaraan listrik.

"Saya pikir itu (ekosistem mobil listrik) seperti ayam dengan telur. Untuk itu pemerintah melalui Perpres 55, sebentar lagi pemerintah juga menyiapkan inpres untuk mempercepat penggunaan mobil listrik di lingkungan pemerintah dan TNI Polri," jelas Moeldoko.

Moeldoko termasuk figur yang diketahui ikut berkecimpung langsung di industri kendaraan listrik. Dia bahkan didapuk sebagai Ketua Umum Periklindo hadir sebagai wadah yang menampung kepentingan para pelaku industri kendaraan listrik di Indonesia.

Keterkaitan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko dengan kendaraan listrik tak terlepas dari bisnis bus listriknya Mobil Anak Bangsa (MAB).



Simak Video "Masyarakat Mulai Tertarik Kendaraan Listrik, Ini Faktor Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT