ADVERTISEMENT

Beda Rp 19 Jutaan, Ini Spek Alphard Heritage Edition yang Inden sampai 3 Bulan

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 10 Jul 2022 16:10 WIB
Toyota Alphard Heritage Edition
Toyota Alphard Heritage Edition Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Toyota Alphard Heritage Edition merupakan model spesial yang berkolaborasi dengan motif batik karya maestro batik Iwan Tirta. Penasaran apa saja bedanya dari edisi standar?

Toyota Alphard Heritage Edition menggunakan basis dari varian 2.5 G A/T. Dari tampang luar tidak ada perbedaan, hanya motif batik tersemat pada bagian interior.

Desain edisi spesial ini menampilkan motif Kukilo Sapanti yang berasal dari bahasa Jawa, Kukilo berarti Burung yang diwujudkan dalam tarian tradisional Jawa, dan Sapanti berarti sepasang.

"Motif ini merupakan salah satu dari 14.000 motif batik yang dimiliki oleh Iwan Tirta," ujar Chief Executive Iwan Tirta Private Collection, Widiyana Sudirman saat ditemui di Menara Astra beberapa waktu yang lalu.

Bagian interior dari Alphard Heritage Edition ini menggunakan basis warna beige. Beberapa aksen batik menempel pada head rest cover, cushion dan tumbler.

Toyota Alphard Heritage EditionToyota Alphard Heritage Edition Foto: Ridwan Arifin

"Alphard, kami mengerti ini adalah mobil yang sangat luxury. Kami menggunakan konsep less is more, jadi ada beberapa di sebagian kecil di mobil Alphard kami tempatkan desain Kukilo Sapanti," ujar dia.

Toyota Innova dan Toyota Alphard berkolaborasi dengan maestro batik Indonesia, Iwan Tirta.Interior Alphard Heritage Edition Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Untuk memesan mobil ini dengan skema pre order dengan menyiapkan tanda jadi sebesar Rp 100 juta. Sementara masa tunggu alias inden hingga sampai ke rumah konsumen bisa sampai 3-4 bulan karena penyesuaian supply dari pabrik.

"Selain itu, pihak Iwan Tirta juga membutuhkan waktu dalam pengerjaan kurang lebih sebulan. Jadi harus dipesan dulu dan ini hanya untuk tipe G saja," kata National Sales Division Head Auto2000, Yagimin saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

Selebihnya, Alphard edisi spesial ini sama dengan versi standar. Misalnya jok model captai seat, serta fitur yang menunjang kenyamanan lain seperti steering switch, head unit 9 inch dengan fitur mirroring, foldable center table, USB Port di konsol tengah, LCD layar tengah 13 inch dan power back door.

Urusan keselamatan Alphard ini juga dilengkapi dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS) sejak tahun 2020 lalu. TSS terdiri dari fitur keamanan seperti Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), dan Adaptive Cruise Control (ACC). Selain itu, ada pula Automatic High Beam (AHB), Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Intelligent Clearance Sonar (ICS).

Alphard menggunakan mesin berkubikasi 2.494 cc kode 2AR-FE empat silinder segaris, 16 valve DOHC dual VVT-i. Di atas kertas, mesin itu bisa memuntahkan tenaga maksimal sebesar 180 PS @6.000 rpm di angka torsi 234 Nm @4.100 rpm. Figur tenaga dan torsi itu disalurkan melalui transmisi otomatis FF-2 WD CVT.

New Toyota Alphard 2.5 G A/T Heritage Edition dijual Rp 1.348.000.000 (OTR Jakarta), jika dibandingkan dengan harga yang tertera di laman Toyota Astra, ada selisih Rp 19.100.000 dengan varian standar.



Simak Video "Minat Beli Toyota Alphard Bekas? Simak Dulu Nih Pajak Tahunannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT