ADVERTISEMENT

Mobil Baru Wuling Punya NJKB Rp 132 Juta, Bukan yang Termurah di Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 06 Jul 2022 11:08 WIB
Mobil listrik Wuling/wuling EV yang akan diproduksi di Indonesia.
Foto: Mobil listrik mungil Wuling (doc. Wuling Motors Indonesia)
Jakarta -

Wuling sedang menyiapkan produk baru di Tanah Air. Nilai Jual Kendaraaan Bermotor (NJKB) dari mobil baru pabrikan China itu mulai Rp 132 juta. Tapi tampaknya tidak akan menjadi mobil termurah di Indonesia.

Dalam laman NJKB Samsat DKI Jakarta terpampang dua model baru Wuling, yakni E230 LV 0 4x2 AT Rp 132 juta dan E230 LV 2 4x2 AT Rp 166 juta. Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani membantah kalau NJKB yang terdaftar itu merupakan harga dasar dari Wuling Mini EV. Lebih jauh, Dian juga enggan membocorkan terkait kode E230 merujuk model seperti apa.

"Nanti kita info ya. Tapi yang jelas bukan ini (Wuling EV) sih," ujar Dian saat dihubungi detikcom, Selasa (5/7/2022).

Bicara soal harga, ternyata kode mobil baru Wuling itu tidak jadi yang termurah di Indonesia. Pasalnya Wuling juga sudah menjual mobil dengan NJKB di bawah harga tersebut. Apa saja?

Pertama Wuling Formo, tercatat mobil yang masuk ke segmen kendaraan komersial ringan itu punya NJKB mulai dari Rp 99 juta hingga Rp 109 juta. Harga di atas belum termasuk instrumen pajak seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPn), Pajak Kendaraan Bermotor, Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan lainnya.

Bila dikenakan berbagai instrumen pajak, Wuling Formo saat ini dijual mulai Rp 137,2 juta untuk tipe terendah, dan tipe tertingginya dijual Rp 152,6 juta. Terdapat selisih antara Rp 38,2 juta hingga Rp 43,6 juta setelah dikenakan berbagai instrumen pajak.

Selain itu, mobil termurah Wuling dengan NJKB lebih rendah dari E230 ialah Confero 1.5 DB My MT, yakni mulai dari Rp 117 juta - Rp 120 juta. Sementara harga OTR-nya dijual Rp 164,8 juta.

Kalau bicara mobil termurah di Indonesia saat ini masih dipegang oleh Daihatsu Ayla 1.0 D M/T. Bahkan NJKB yang terdaftar di Samsat DKI Jakarta Rp 78 juta.

Sementara banderolan on the road di Jakarta, harga Ayla tipe terendah itu dijual Rp 110 juta. Otomatis dengan harga tersebut mobil ini jadi yang paling murah dipasarkan di Indonesia.



Simak Video "Wuling Victory Rp 260 Jutaan Penantang Innova Bakal Gebrak Pasar Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT