ADVERTISEMENT

Calon SUV Hybrid Terbaru Toyota Hyryder, Bakal Masuk Indonesia?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 27 Jun 2022 17:48 WIB
Toyota Urban Cruiser
Versi hybrid Toyota Urban Cruiser akan dinamakan Hyryder (Foto: Toyota)
Jakarta -

Toyota dikabarkan bakal merilis produk SUV hybrid terbaru di India. Dinamakan Toyota Urban Cruiser Hyryder, mobil ini adalah produk sharing platform bersama dengan Maruti Suzuki. Apakah Toyota Hyryder juga akan diboyong ke Indonesia?

Mengutip Cartoq, medium SUV terbaru Toyota ini dijadwalkan meluncur pada 1 Juli 2022. Dari foto spyshot yang berhasil didapat saat sesi pengambilan gambar video TVC, mobil ini akan memiliki desain kurang lebih seperti Toyota Urban Cruiser, namun dengan nama berbeda, Urban Cruiser Hyryder.

Sementara pada Suzuki, medium SUV terbaru mereka ini akan dinamakan sebagai Maruti Vitara. Belum ada tanggal peluncuran pasti, namun kabarnya mobil ini sama-sama akan diluncurkan pada bulan Juli 2022 juga.

Menyinggung soal mesin, kedua mobil ini kemungkinan besar akan disokong mesin bensin K15C 1,5 liter. Mesin ini dikembangkan Suzuki dan digunakan kedua SUV ini. Mesin tersebut diharapkan hadir dengan pilihan transmisi manual dan otomatis 6-percepatan.

Kedua medium SUV ini berkapasitas 5-seater ini akan saling berbagi fitur kenyamanan dan keselamatan. Mulai jok berventilasi, setir multi-fungsi, kontrol iklim otomatis, sistem infotainment layar sentuh, ABS, Airbag, dan fitur keselamatan lainnya.

Meski produknya mirip-mirip, Toyota dan Suzuki tetap akan memberikan diferensiasi pada mobilnya masing-masing. Disebutkan bahwa medium SUV dari Suzuki akan dibekali teknologi hybrid ringan, sementara medium SUV Toyota dibekali teknologi hybrid yang lebih kuat.

Kedua SUV tersebut akan diproduksi Toyota di pabrik kedua mereka di Bidadi, Karnataka. Meski diproduksi satu pabrik, diharapkan versi Suzuki memiliki desain eksterior yang berbeda.

Oiya, sekadar informasi aliansi Toyota dan Maruti Suzuki di India dibentuk pada tahun 2017. Sejak itu hingga kini kedua merek Jepang itu saling berbagi platform produk. Contohnya seperti Suzuki Baleno Hatchback yang di-rebranding jadi Toyota Glanza dan Starlet.

Kemudian ada low MPV Suzuki Ertiga yang dipoles ulang menjadi Toyota Rumion dan dijual di Afrika. Sementara dari Toyota sendiri, SUV Urban Cruiser di-rebranding jadi Suzuki Vitara Brezza.

Nah, jika nantinya medium SUV hasil kolaborasi Toyota dan Suzuki ini diluncurkan, maka akan menantang beberapa kompetitor, seperti Hyundai Creta, Kia Seltos, Skoda Kushaq, hingga Volkswagen Taigun.

Apakah Toyota Hyryder ini nantinya juga akan dipasarkan di Indonesia? Tentu hanya PT Toyota-Astra Motor (TAM) yang bisa menjawab. Tapi kalau melihat portofolio produk Toyota di Indonesia saat ini, masih ada celah untuk memasukkan mesin 1.500 cc hybrid seperti yang akan dipakai pada Hyryder.

Toyota sendiri sudah memiliki beberapa model hybrid yang dijual di Indonesia, seperti C-HR Hybrid, Corolla Altis Hybrid, Corolla Cross Hybrid, dan Camry Hybrid. Namun untuk pilihan mesinnya hanya ada 1.798 cc hingga 2.487 cc. Jadi masih ada peluang bagi Toyota untuk memperluas portofolio produk hybrid-nya dengan memasarkan mobil bermesin 1.500 cc hybrid.



Simak Video "Lagi Tren, Ini Daftar Harga Mobil Hybrid di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT