Hyundai Stargazer Siap Hadir, Suzuki Tidak Gentar

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 21 Jun 2022 15:44 WIB
Hyundai Stargazer
Wujud siluet Hyundai Stargazer yang akan segera meluncur di Indonesia (Hyundai Indonesia)
Jakarta -

Hyundai Motors Indonesia (HMID) sudah mengeluarkan teaser kemunculan mobil MPV andalan mereka, Stargazer. Kehadiran Stargazer akan meramaikan segmen pasar MPV yang sangat seksi di Indonesia. Bagaimana tanggapan Suzuki akan kemunculan MPV Korea Selatan itu?

4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Ismi Saputra, menyambut kehadiran pemain baru di segmen MPV. Persaingan yang makin ramai disebutnya akan membuat publik memiliki banyak pilihan, di mana masing-masing brand memiliki keunggulannya masing-masing.

"Dengan adanya kompetitor di segmen MPV jadi semakin semarak. Jadi di MPV ini adanya kompetitor baru semakin dinamis, kalau kita lihat dalam persaingan itu bisa dilihat dari harga, purna jual, dan lain-lain. Pemain baru semakin banyak dan ini bagus jadi semakin banyak pilihan," ucap Donny, di Batu, Malang, Jawa Timur, di tengah even Test Drive All New Suzuki Ertiga Hybrid.

Lalu apakah Suzuki akan menyisipkan Panaromic atau Sunroof untuk bisa lebih menguasai pasar MPV di Indonesia terkait persaingan yang kian panas? Donny enggan memberi jawaban pasti.

"Ada panaromic dan sunroof, akan kita sesuaikan dengan study," Donny menambahkan.

Suzuki Ertiga Hybrid meluncur di Indonesia, Jumat (10/6).Suzuki Ertiga Hybrid meluncur di Indonesia pada pekan kedua Juni 2022. Kelas MPV akan kehadiran penantang baru seiring rencana Hyundai Stargazer meluncur di Indonesia (Foto: Suzuki Indomobil Sales)

Rencana Kemunculan Hyundai Stargazer di Indonesia

Sebagai catatan, Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah merilis teaser foto dan video calon MPV terbarunya, Stargazer. Mobil ini akan bermain di segmen low MPV untuk bersaing dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, hingga Wuling Confero S.

Hyundai Stargazer diklaim dibuat serta dirancang untuk konsumen Indonesia. Stargazer memakai konsep Sleek One Box dengan desain one curve yang diklaim menciptakan profil aerodinamis dan memberikan kesan interior yang lapang.

Mobil ini dibekali lampu Horizontal DRL pada bagian depan, sementara bagian belakangnya dihias oleh Distinctive H Rear Lamp yang menekankan bahwa Stargazer merupakan produk dari Hyundai, meski tampak dari kejauhan.

Belum ada kabar kapan mobil ini akan diluncurkan di Indonesia, soal kisaran harganya pun masih meraba-raba dan mengira-ngira. Namun jika mengacu kepada harga dasarnya, nama Hyundai Stargazer sudah muncul dalam laman Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Jakarta.

Dalam laman itu disebutkan secara detail 6 varian Hyundai Stargazer dengan opsi transmisi otomatis dan manual. Soal harga, NJKB mobil ini mulai Rp 155 juta hingga tipe tertingginya Rp 202 juta.

Berikut harga NJKB dan varian Hyundai Stargazer Indonesia:

Hyundai Stargazer Active 1.5 4x2 M/T - Rp 155.000.000

Hyundai Stargazer Active 1.5 4x2 A/T - Rp 164.000.000

Hyundai Stargazer Trend 1.5 4x2 M/T - Rp 167.000.000

Hyundai Stargazer Trend 1.5 4x2 A/T - Rp 176.000.000

Hyundai Stargazer Style 1.5 4x2 A/T - Rp 189.000.000

Hyundai Stargazer Prime 1.5 4x2 A/T - Rp 202.000.000.

Jika melihat bocoran harga tersebut, bukan tidak mungkin varian termurah Hyundai Stargazer (Active 1.5 4x2 M/T) akan memiliki harga di bawah Rp 200 juta. Sementara varian termahalnya, Prime 1.5 4x2 A/T, kemungkinan besar harganya di bawah Rp 300 juta.



Simak Video "Tak Cuma Ertiga, Suzuki Siap 'Setrum' Model Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)