ADVERTISEMENT

Ini Deretan Negara yang Kepincut Hyundai Creta Buatan Cikarang

Dina Rayanti - detikOto
Selasa, 21 Jun 2022 08:35 WIB
Hyundai Creta
Hyundai Creta buatan Cikarang diminati negara-negara ini. (Foto: Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Hyundai Creta menjadi salah satu mobil buatan Indonesia yang diekspor ke mancanegara. Mengutip data distribusi ekspor CBU Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), saat ini ada tiga negara tujuan utama Hyundai Creta yang lahir di pabrik Cikarang tersebut. Ada Thailand, Vietnam, dan Afrika Selatan, serta Timur Tengah.

Dari keempat kawasan itu, Timur Tengah dan Afrika merupakan yang terbanyak. Total sejak Maret, sudah ada 6.569 unit Hyundai Creta buatan Cikarang menyambangi kawasan tersebut. Sementara secara total, PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia telah mengekspor 8.509 unit Hyundai Creta dari Indonesia.

Soal fitur, tampaknya tidak ada perbedaan signifikan antara Hyundai Creta yang dijual untuk pasar Indonesia dengan pasar mancanegara. Adapun di Indonesia, Hyundai Creta dilengkapi dengan lampu Parametric Jewel Hidden-Type DRL.

Karakteristik tersebut juga terdapat pada High Mounted Stop Lamp (HMSL)di sisi belakang, sehingga melengkapi kombinasi yang memberikan kesan kendaraan berteknologi tinggi. Tampilan luar mobil yang sporty juga dilengkapi dengan17-inch Diamond Cut Alloy Wheels. Tampilan itu juga terlihat di Hyundai Creta untuk pasar ekspor.

Hyundai juga menyajikan ventilated seat, display audio berukuran 8 inchi, Ventilated Seat, hingga Panoramic Sunroof. Lalu terdapat juga fitur berbasis radar yang membantu pengendara ketika tengah berada jauh dari mobil.

Pabrik Hyundai di kawasan Delta Mas, Cikarang memang didapuk sebagai pusat produksi Hyundai di Asia Tenggara. Hal ini berarti, pabrik Hyundai di Indonesia ini akan memproduksi berbagai model Hyundai beserta suku cadangnya untuk kemudian di ekspor ke negara-negara di Asia tenggara seperti Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Filipina.

Hyundai berencana untuk mengekspor sekitar 40% kendaraan hasil produksinya untuk memenuhi permintaan pasar di negara-negara ASEAN. Wajar adanya bila mobil Hyundai itu masuk dalam jajaran mobil buatan Indonesia di luar negeri tepat di bawah Toyota Rush.



Simak Video "Siap-siap! Mobil Buatan Cikarang Bakal Invasi Jalanan Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT