ADVERTISEMENT

Pisah dengan Veloz, Posisi Toyota Avanza di Daftar Mobil Terlaris Naik-Turun

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 16 Jun 2022 16:55 WIB
Perbedaan Toyota Avanza dan Veloz
Posisi Toyota Avanza di daftar mobil terlaris masih terus naik turun sejak berpisah dengan Veloz. Foto: Dok.Toyota Astra Motor
Jakarta -

Sejak November 2021, Toyota Avanza baru satu kali mengisi posisi mobil terlaris di Indonesia. Posisi puncak mobil terlaris di Tanah Air itu berhasil diraih Low MPV berjuluk mobil sejuta umat pada periode April 2022. Avanza berada di puncak dengan penjualan wholesales sebanyak 5.039 unit.

Tapi itu tak bertahan lama. Selang sebulan setelahnya, Avanza tak lagi menghuni posisi teratas daftar mobil terlaris di Indonesia Mei 2022. Pada bulan kelima itu, Avanza hanya menempati posisi kesepuluh di bawah Honda Brio, Suzuki Carry Pick Up, Calya, Gran Max, Mitsubishi Xpander, Kijang Innova, Daihatsu Sigra, Mitsubishi Pajero Sport, dan Honda HR-V.

Dalam catatan detikOto pada Desember 2021 misalnya, Toyota Avanza hanya menempati posisi ke-5 mobil yang paling banyak diburu. Berlanjut pada periode Januari 2022, Toyota Avanza justru terlempar dari 10 besar mobil terlaris. Avanza kala itu menghuni posisi ke-12. Sedangkan Veloz justru lebih unggul dengan menduduki tempat ke-4.

Pada Februari 2022, posisi Avanza lebih baik dari Veloz. Hal itu juga diamini oleh PT Toyota Astra Motor. Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan pihaknya masih terus memonitor kestabilan dari Avanza dan Veloz.

Maret, Avanza terus memperbaiki posisinya. Toyota Avanza pada Maret 2022 menduduki posisi ke-2 daftar mobil terlaris di Indonesia. Hingga akhirnya pada April berhasil kembali ke puncak.

Naik turunnya posisi Avanza dari daftar mobil terlaris tak bisa dimungkiri karena perpisahannya dengan Veloz. Sekadar informasi, dulu Veloz merupakan bagian dari keluarga Avanza. Hal itu membuat perhitungan penjualan Veloz dan Avanza digabung.

Tapi itu semua tidak berlaku lagi sejak keduanya dipisahkan. Perhitungan penjualan Avanza dan Veloz pun tidak lagi digabung. Ini tentu berpengaruh terhadap posisi Avanza di daftar mobil terlaris.



Simak Video "Ditantang Xpander-Stargazer, Bagaimana Nasib Penjualan Toyota Avanza?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT