Siap-siap! Suzuki Jimny 5 Pintu Meluncur Awal Tahun Depan

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 29 Mei 2022 15:30 WIB
Rendering Suzuki Jimny 5 pintu oleh Spyder7
Sketsa Suzuki Jimny 5 pintu. Foto: Spyder7 via Response
Jakarta -

Ada kabar baik bagi Anda yang sudah menanti-nanti peluncuran Suzuki Jimny 5 pintu. Menurut salah satu portal otomotif India, Suzuki Jimny diluncurkan pada awal tahun 2023 nanti.

Generasi keempat Suzuki Jimny cukup menyita perhatian pecinta otomotif dunia. Mengusung desain mengotak ala mobil jip, Suzuki Jimny yang terkenal dengan warna khas hijau stabilo ini diburu para pecintanya. Bahkan hingga menyebabkan inden selama bertahun-tahun.

Nah, di pasar-pasar tertentu seperti di India, ada permintaan terhadap Suzuki Jimny dengan konfigurasi 5 pintu. Dengan tambahan dua pintu, diharapkan akses masuk penumpang jadi lebih mudah. Selain itu, dengan dimensi yang bertambah panjang, maka bisa memuat barang lebih banyak.

Sejauh ini Maruti Suzuki India sudah memproduksi Jimny 3 pintu di fasilitas perakitan di Gurgaon, yang dikhususkan untuk pasar ekspor. Sedangkan pasar mobil India akan menerima versi 5 pintu yang rencanya akan diproduksi pada kuartal pertama 2023. Perkiraannya sekitar bulan Februari 2023.

Sebelumnya, Suzuki Jimny 5 pintu berencana masuk jalur produksi pada Mei 2022. Namun karena ekonomi dunia terganggu akibat pandemi COVID-19 dan industri otomotif global juga mengalami gangguan rantai pasok dan krisis semikonduktor, maka proyek ini pun ditunda.

Suzuki Jimny Diproduksi di India dengan Konten Lokal Mencapai 70%

Dikutip dari laman Cartoq, Suzuki Jimny versi India diperkirakan memiliki sekitar 70% konten lokal, dengan target perusahaan untuk memproduksi sekitar 75.000 unit setiap tahun.

Pada Januari 2021, produksi Jimny 3 pintu dimulai di fasilitas Gurgaon, Maruti Suzuki. Dengan tetap fokus pada kepraktisan, SUV ini juga akan diluncurkan dalam versi 5 pintu, 5 tempat duduk untuk pasar India. Hal ini tentunya akan membutuhkan beberapa rekayasa ulang dan profil ulang dari versi 3 pintu, itu sebabnya proyek ini membutuhkan waktu.

Secara global, Suzuki Jimny 3 pintu menggunakan sasis ladder-on-frame dengan mesin bensin 1.5 liter empat silinder, dan sistem penggerak empat roda. Semua keunggulan ini juga akan dipertahankan di versi 5 pintu buatan India.

(lua/riar)