Asyik! Toyota Luncurkan Fortuner Hybrid Tahun Depan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 28 Mei 2022 19:51 WIB
Toyota Fortuner Hybrid
Toyota Fortuner hybrid 2023 Foto: doc. headlightmag
Jakarta -

Toyota dikabarkan bakal meluncurkan SUV Toyota Fortuner berteknologi hybrid tahun depan. Uniknya, Fortuner itu akan mengusung mesin diesel dengan dipadukan motor listrik.

Kabar itu diungkapkan media asal Thailand, Headlightmag. Dilaporkan, Toyota Fortuner akan mengusung mesin diesel dengan teknologi mild-hybrid.

Sumber Headlightmag mengungkapkan, All New Toyota Fortuner (generasi ketiga) akan dibangun berdasarkan platform TNGA-F dengan mesin diesel mild-hybrid. Kabarnya, mobil hybrid Fortuner itu akan meluncur tahun depan.

Menurut bocorannya, Fortuner hybrid itu akan menggunakan mesin diesel 1GD 4 silinder DOHC 16 katup 2.800 cc dengan turbo yang sama seperti Fortuner 2.8 saat ini. Bedanya, Fortuner terbaru nantinya disemakan sistem mild-hybrid yang menggunakan alternator.

Toyota Fortuner HybridToyota Fortuner Hybrid Foto: doc. headlightmag

Sistem hybrid ringan pada Fortuner terbaru itu akan membuat konsumsi bahan bakar lebih irit. Mesin akan mati saat mobil berhenti. SIstem ini juga mengurangi polusi saat akselerasi dan AC pun menggunakan daya baterai. Sistem mild-hybrid juga diklaim meningkatkan torsi pada rpm rendah.

Jadwal peluncuran Fortuner Hybrid adalah tahun 2023. Diharapkan, Fortuner Hybrid ini akan lebih murah dari Fortuner Legender saat ini agar tetap bersaing di pasar.

Sementara itu, di Indonesia PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga sudah bersiap memasuki era elektrifikasi. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah mempersiapkan jalur khusus untuk produksi mobil hybrid. Persiapannya sudah oke, tinggal menunggu waktu peluncuran mobil hybrid buatan Karawang yang rencananya dimulai tahun 2022.

Pabrik Toyota di Karawang sudah memiliki cabang jalur atau subline khusus mobil hybrid. Perubahannya tidak banyak, masih terintegrasi dengan mainline dengan produk yang sudah dijual di Indonesia.



Simak Video "Baru Meluncur, Ini Harga Toyota Fortuner 2.8 dan Land Cruiser 300"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)