Gunakan Rumah Pelat Nomor Ala-ala James Bond, Langsung Tilang!

ADVERTISEMENT

Gunakan Rumah Pelat Nomor Ala-ala James Bond, Langsung Tilang!

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 25 Mei 2022 15:18 WIB
Pelat nomor kendaraan warna putih di Jakarta
Ilustrasi pelat putih di jalanan Jakarta Foto: Syailedra Hafiz/detik.com
Jakarta -

Bagi kamu pecinta film James Bond, pasti sudah tahu salah satu fitur unik pada mobil canggihnya yakni pelat nomor kendaraan yang bisa berubah secara otomatis. Nah, hal ini dilakukan serupa oleh seorang pengendara mobil untuk kabur dari kejaran polisi.

Hal ini terungkap setelah anggota polisi di kota Irvine, California, Amerika Serikat, tengah menggeledah sebuah mobil milik tersangka pelaku perampokan di kota tersebut. Mobil yang disita tersebut merupakan Mercedes-Benz C-300 berkelir putih.

Uniknya, saat penggeledahan polisi menemukan ada sebuah perangkat yang mencurigakan. Setelah diselidiki, ternyata perangkat tersebut dapat mengganti pelat nomor kendaraan secara otomatis.

"Petugas menemukan alat yang bisa mengubah dan membalikkan pelat nomor kendaraan dengan hanya menekan sebuah tombol. Kendaraan milik tersangka ini mendapat inspirasi dari film 007," tulis keterangan Departemen Kepolisian Irvine dikutip Carscoops.

Dalam sebuah video singkat yang diunggah akun departemen kepolisian Irvine di Facebook, terlihat bahwa pelat nomor tersebut bisa berubah secara otomatis dalam hitungan detik saja. Hal ini tentu memudahkan pengendara untuk mengelabui petugas kepolisian.

Rumah pelat nomor yang bisa diubah-ubah.Rumah pelat nomor yang bisa diubah-ubah. Foto: Pool (Carscoops/facebook)

Cara yang dilakukan oleh pengendara mobil sekaligus perampok tersebut cukup berhasil. Sebab, polisi baru bisa menangkap tersangka karena mendapat laporan dari warga sekitar yang curiga jika mobil tersebut mirip dengan yang digunakan oleh kawanan perampok saat menjalankan aksinya.

Selain memalsukan pelat nomor, pihak polisi juga menemukan di dalam mobil tersebut telah dilengkapi dengan alat penyedot bensin. Alat ini dapat memindahkan bahan bakar dari tangki bensin mobil ke kendaraan lain secara cepat dan praktis.

Tak hanya itu, di dalam sedan mewah tersebut juga terdapat alat pembobol untuk merampok, hasil barang curian, serta sejumlah kartu identitas yang sudah dicuri datanya. Dari penangkapan tersebut, polisi menahan dua tersangka yang didakwa atas tuduhan perampokan menggunakan kendaraan, pencurian kendaraan, pencurian kartu identitas, kepemilikan barang curian, dan kepemilikan alat perampokan.



Simak Video "Pengendara 'Nakal' Makin Merajalela, Tilang Manual Harus Ada Lagi?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT