Apa Rahasia di Balik Perombakan Desain Honda HR-V?

Tim Detikcom - detikOto
Selasa, 24 Mei 2022 11:14 WIB
Honda HR-V
Desain All New Honda HR-V 2022 telah dirombak dari model lama. (Foto: Honda)
Jakarta -

All New Honda HR-V mengalami perubahan penampilan yang signifikan. Langsung meraih penghargaan bergengsi di dunia, dari mana datangnya ide perombakan SUV kompak laris di Indonesia itu?

Honda HR-V 2022 meluncur di Indonesia pada 23 Maret lalu. Dilihat sekilas saja, perubahan HR-V 2022 cukup besar dibanding generasi sebelumnya.

All New HR-V punya tampang sangat segar di bagian depan dengan grille horizontal yang terlihat rapat dan menyatu dengan body mobil secara keseluruhan. Ada pula garis grille di bagian paling bawah yang mengalir sampai headlamp di kiri dan kanan.

All New Honda HR-VAll New Honda HR-V Foto: All New Honda HR-V

Penampilan Honda HR-V dari samping juga terasa jauh bedanya. Ada garis yang ditarik dari kap mesin melintas ke handle pintu sampai ke lampu belakang. Ini memunculkan kesan mewah.

Di bagian ekor, lampu belakang memanjang dengan dipisahkan logo Honda. Sementara garis atap mengalir layaknya sebuah coupe.

Perubahan desain yang signifikan ini diganjar dengan penghargaan prestisius. Pada awal April lalu Honda HR-V meraih penghargaan 'Best Car Design' dari ajang Red Dot Design Award 2022.

Apa yang menjadi rahasia Honda sehingga bisa mendesain HR-V terbaru yang bukan cuma disukai konsumen namun juga berhasil memenangi penghargaan?

"Ini adalah tantangan. Kami memikirkan apa yang membuat HR-V bisa memiliki desain baru dan kita juga memilih desain yang lebih simple dan lebih baru dibanding sebelumnya. Grille (All New HR-V) berbeda dengan desain sebelumnya. Tantangannya adalah harus banyak berdiskusi dengan internal Honda, sehingga menciptakan desain yang disukai," ucap Large Project Leader All New Honda HR-V Honda Motor co Ltd, Yoshitomo Ihashi, melalui sambungan video konferensi.

Lalu dari mana datangnya inspirasi desain Honda HR-V?

All New Honda HR-VAll New Honda HR-V Foto: All New Honda HR-V

"Styling mobil ini sudah dimulai sejak lama dengan memikirkan desain apa yang sesuai dengan keinginan customer. Kita melihat perilaku customer, desain apa yang mereka sukai."

"Stylingnya simple, ada garis yang berlanjut dari depan ke belakang. (Selain itu) Grille disesuaikan dengan desain keseluruhan. Desain yang memerhatikan keinginan dan kebutuhan konsumen," papar Yoshitomo Ihashi.

Selain body, Honda juga melakukan perubahan pada jantung pacu. Untuk varian paling tinggi, Honda HR-V, tipe RS dibekali kapasitas mesin 1.5L VTEC Turbo. Kombinasi tersebut mampu memuntahkan tenaga 177 PS di 6.000 rpm, dan torsi 240 Nm pada 4.500 rpm.

Simak Video 'Buka-Tutup Panoramic Roof Honda HR-V Masih Manual? Ini Alasan Honda:

[Gambas:Video 20detik]



(din/din)