Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander Buatan Indonesia di Luar Negeri, Mana Lebih Laris?

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 16 Mei 2022 15:26 WIB
Jakarta -

Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander masih terus berlomba-lomba merebut hati masyarakat Indonesia. Baik Avanza maupun Xpander kerap bersaing mengisi daftar mobil terlaris se-Indonesia.

Tapi asal tahu saja, persaingan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander tak cuma di dalam negeri lho. Keduanya diketahui sama-sama diekspor ke sejumlah negara. Lalu mana yang lebih laris?

Berdasarkan data ekspor yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor Toyota Avanza pada periode Januari-Maret 2022 mencapai 12.150 unit. Jumlahnya tercatat lebih banyak ketimbang Xpander yang hanya mencapai 5.451 unit.

Bukan tidak mungkin, angka ekspor Avanza yang lebih banyak ditorehkan berkat penampilan barunya. Seperti diketahui bersama, setelah bertahun-tahun desainnya tak berganti pada November 2022 Avanza berubah total.

Wajahnya baru, interiornya juga lebih nyaman, dan tak kalah penting fitur keselamatannya sudah lebih canggih. Tak lama setelahnya, sejumlah negara di ASEAN juga turut meluncurkan Avanza dengan penampilan baru tersebut.

Hingga saat ini, Toyota Avanza buatan Indonesia sudah dikirim ke Bangladesh, Brunei Darussalam, Kosta Rika, Guatemala, Meksiko, Peru, Filipina, Thailand, hingga Vietnam.

Tak kalah dengan Avanza, pada bulan dan tahun yang sama Mitsubishi juga menghadirkan ubahan baru pada Xpander. Perubahan tersebut ada pada tampilan eksterior, interior, dan juga penambahan fitur.

Negara-negara yang dituju Mitsubishi Xpander buatan Cikarang pun cukup luas seperti Mesir, Filipina, Bolivia, Qatar, Dubai, Bahrain, Afrika Selatan, El Salvador, hingga Jamaica.

Torehan itu tentu belum final, mengingat tahun 2022 baru memasuki bulan kelima. Masih ada kesempatan bagi Xpander mengejar ketertinggalan. Namun yang jelas, keduanya sama-sama menjadi bukti bahwa kualitas mobil buatan Indonesia sudah teruji.

(dry/mhg)