ADVERTISEMENT

10 MPV Terlaris Dunia: Wuling dan Ertiga Masuk, Avanza-Xpander Gimana?

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 10 Mei 2022 16:08 WIB
Wuling Hongguang jadi MPV terlaris di dunia
Wuling Hongguang jadi MPV terlaris di dunia (Foto: Dok. SAIC-GM-Wuling)
Jakarta -

Mobil jenis MPV ternyata juga banyak peminatnya secara global. Siapa mobil MPV terlaris di dunia? Bukan Avanza atau Innova, apalagi Xpander. Mungkin kamu enggak nyangka ternyata ini mobil MPV paling laris di dunia tahun lalu.

Menurut data yang dirilis Focus2Move, predikat MPV terlaris dunia masih didominasi oleh Wuling. MPV Wuling Hongguang asal China itu menjadi MPV terlaris dunia.

Mobil China Wuling Hongguang pada 2021 terjual 259.000 unit. Mobil MPV yang jadi kembaran Wuling Confero itu meraih pangsa pasar 6% secara global. Mobil ini diproduksi oleh SAIC-GM-Wuling sejak September 2010 dan langganan jadi mobil MPV terlaris di dunia.

Selanjutnya, MPV terlaris kedua adalah MPV bongsor dari usaha patungan SAIC dan GM, yaitu Buick GL8. MPV yang juga dirakit di China itu mencatatkan penjualan sebanyak 170 ribu unit. Buick GL8 meraih pangsa pasar sebesar 4%.

Di urutan ketiga MPV terlaris dunia ada Honda Odyssey. MPV yang telah disuntik mati oleh Honda Jepang pada Maret 2022 itu mencatatkan penjualan sebanyak 162 ribu unit sepanjang 2021. Mobil itu meraih pangsa pasar 3,8% di segmen MPV global.

Lalu di posisi keempat ada Toyota Roomy yang naik 5 peringkat. Toyota menjual Roomy sebanyak 134 ribu unit.

Di bawahnya ada MPV mewah Toyota Alphard dengan penjualan sebanyak 134 ribu unit. Diikuti oleh Toyota Sienna di urutan keenam dengan penjualan sebanyak 129 ribu unit dan Maruti Eeco di peringkat tujuh sebanyak 118 ribu unit.

Di peringkat kedelapan dan kesembilan diisi oleh Kia Carnival dengan penjualan sebanyak 113 ribu unit dan Kia Soul sebanyak 113 ribu unit. Terakhir, Suzuki Ertiga masuk 10 besar MPV terlaris dunia dengan penjualan sebanyak 113 ribu unit.

Sementara itu, dua MPV yang cukup laris di Indonesia ternyata tidak termasuk MPV terlaris dunia. Penjualan Avanza-Veloz pada 2021 secara domestik yang sebanyak 66.109 unit dan beberapa unit diekspor belum mampu masuk ke 10 MPV terlaris dunia. Begitu juga Mitsubishi Xpander yang mencatatkan penjualan sebanyak 54.624 unit secara domestik dan beberapa diekspor.



Simak Video "Penjualan Mobil Meroket! Tembus 90 Ribu Lebih di Agustus 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT