Saat Elon Musk Puji Indonesia hingga Tertarik 'Boyong' Tesla dan Space X

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 15 Mei 2022 15:25 WIB
Jokowi bertemu Elon Musk (dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Foto: Jokowi bertemu Elon Musk (dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Miliarder Elon Musk, sekaligus bos Tesla dan Space X mengaku tertarik untuk kerja sama dengan Indonesia. Hal ini disampaikan usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di markas Space X di Boca Chica, Amerika Serikat.

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Minggu (15/5/2022). Pertemuan Presiden Jokowi dan Elon Musk merupakan bagian dari lawatan ke AS.

Hasilnya, Jokowi membawa kabar positif. Elon Musk tertarik untuk datang ke Indonesia.

"Saya kira dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia," kata Jokowi dalam keterangannya, Minggu (15/5/2022).

Menurut Sekretariat Kabinet RI, undangan Jokowi pun disanggupi oleh Elon Musk. Bos Tesla dan SpaceX itu mengungkap rencananya datang ke Indonesia pada November tahun ini.

"Mudah-mudahan di Bulan November, terima kasih atas undangannya," kata Elon Musk.

Elon Musk tertarik jalin kerjasama Tesla dan Space X dengan Indonesia

Elon Musk tertarik dengan Indonesia. Ia memuji Indonesia memiliki energi positif untuk berkembang. Soal kerja sama Tesla dan Space X, belum dirinci lebih jauh.

"Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar dan saya rasa kita melalui Tesla dan Space X akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," ujarnya.

"Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan," tambahnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sudah bertandang lebih dulu ke markas Tesla di Austin, Texas.

Luhut didampingi oleh CEO & Presiden Direktur Bakrie & Brother Anindya Novyan Bakrie serta Duta Besar Indonesia Untuk AS Rosan Roeslani dan beberapa pengusaha.

Dalam akun instagramnya, tujuan pertemuan adalah meyakinkan Tesla untuk penjajakan kerja sama dengan Indonesia terkait penyediaan dan pemrosesan Nikel sebagai bahan baku Battery Cell.

Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap, tim dari Tesla sudah berkunjung ke kantornya pada Senin, (9/5/2022). Selanjutnya, tim Tesla tersebut melakukan kunjungan ke Morowali.

Tapi tak hanya ekosistem baterai mobil listrik, pemerintah juga menawarkan Tesla untuk memproduksi mobil listrik di Tanah Air.

"Pak Luhut menawarkan untuk juga membangun pabrik mobil Tesla di Indonesia," kata Rosan dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (12/5/2022).



Simak Video "Seberapa Besar Perhatian Elon Musk pada Twitter Dibanding Tesla?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)