5 Rahasia 'The Beast', Mobil Kepresidenan Paling Kuat

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 11 Mei 2022 17:12 WIB
President Joe Biden and First Lady Jill Biden, ride near the White House during a Presidential Escort to the White House, Wednesday, Jan. 20, 2021 in Washington.  (Doug Mills/The New York Times via AP, Pool)
Cadillac One 'The Beast', mobil kepresidenan yang paling kuat. Foto: AP/Doug Mills
Jakarta -

Mobil kepresidenan Amerika Serikat tak perlu diragukan lagi soal kekuatannya. Bisa dibilang, mobil presidensial AS garapan Cadillac itu mobil paling aman di dunia. Wajar, bila mobil digunakan untuk melindungi orang nomor satu di Negeri Paman Sam.

Setidaknya ada lima rahasia yang membuat 'The Beast' aman dan kuat seperti dikutip Spyspace berikut ini.

1. Dilengkapi Senjata

Di dalam The Beast terdapat banyak persenjataan yang disiapkan. Misalnya tersedia layar berasap dan gagang pintu yang dilengkapi dengan aliran listrik untuk menangkal para penyusup. Dalam keadaan darurat, The Beast disebut bisa mengeluarkan oli sehingga mobil yang mengejarnya berputar kehilangan arah.

Ada juga senapan angin, granat roket, peralatan night vision, hingga granat gas air mata dipercaya ada di dalamnya. Punya bobot 8 sampai 10 ton, bodi The Beast terbuat dari lapisan peluru guna mencegah kerusakan saat ada bom meledak. Kacanya juga tebal dan disebut dapat menghentikan peluru magnum 0,44.

Bagian interiornya dilengkapi dengan pelindung khusus sehingga penumpang dapat terhindar dari cairan beracun. Ban The Beast yang kempes juga masih membuat mobil berjalan meski dalam kecepatan terbatas.

2. Ada Lebih dari 1 The Beast

Ada dua The Beast yang berwujud sangat identik, termasuk pelat nomor yang sama. Hal ini dimaksudkan agar para penyerang tidak bisa mengidentifikasi dengan baik mobil mana yang ditumpangi presiden AS saat melakukan iring-iringan.

The Beast dibanderol 1,5 juta dolar, namun GM mengaku menggelontorkan 15 juta dolar untuk biaya riset dan pengembangan mobil Donald Trump tahun 2018.

3. Punya Banyak Kantung Darah

Di dalam The Beast juga terdapat banyak kantung darah yang disesuaikan dengan golongan darah Presiden. Selain itu juga ada oksigen yang disiapkan dan bisa disalurkan langsung ke kabin ketika ada serangan.

Limo itu dapat mengangkut tujuh orang di dalamnya. Staf hingga dokter kepresidenan biasanya menumpangi SUV terpisah yang disebut dengan 'Control Car'.

4. Sistem Komunikasi Canggih

Hampir tidak ada suara yang terdengar saat masuk ke dalam kabin The Beast. Ini lantaran adanya lapisan peluru dan tebalnya bodi mobil. Adapun komunikasi dilakukan menggunakan mikrofon dari luar dan terdapat speaker di dalam mobil.

Lebih jauh, The Beast juga bisa berkomunikasi dengan kendaraan khusus yang masih termasuk dalam iring-iringan. Dalam keadaan darurat, presiden AS juga bisa memberikan kode untuk meledakan senjata nuklir dari dalam mobil.

5. Butuh Skill Nyetir The Beast

The Beast bukanlah mobil biasa. Mengendarai The Beast dibutuhkan keahlian khusus, sekalipun dikemudikan oleh Secret Service. Untuk memarkirkan mobil bongsor itu pun juga membutuhkan kemampuan khusus. Maka dari itu, butuh pelatihan bagi mereka yang bakal mengendarai The Beast.



Simak Video "Heboh Mobil Halangi Konvoi Presiden, Ini Ancaman Hukumannya"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)