Toyota Majesty Siap Masuk Malaysia, Harga Lebih Terjangkau Ketimbang Alphard-Vellfire

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 09 Mei 2022 12:18 WIB
Toyota Majesty
Toyota Majesty dikabarkan siap masuk negeri jiran dan ditawarkan dengan harga lebih terjangkau ketimbang Alphard dan Vellfire. Foto: Toyota
Jakarta -

Toyota Alphard dan Vellfire seringkali menjadi opsi utama bagi mereka yang menginginkan MPV bongsor dengan kabin lega dan sentuhan kemewahan. Tapi sejak 2019, opsi tersebut bertambah dengan kehadiran Toyota Majesty.

Majesty sudah dijual di beberapa negara seperti Jepang, Taiwan, hingga Australia dengan nama berbeda. Di kawasan ASEAN, Toyota Majesty sudah hadir di Negeri Gajah Putih. Terbaru, Toyota Majesty dikabarkan siap menyambangi negeri jiran Malaysia.

Toyota MajestyInterior Toyota Majesty Foto: Toyota

Sebagai gambaran, Majesty di Thailand ditawarkan dalam tiga varian dengan harga paling murah 1,709 juta baht atau setara Rp 720 jutaan (1 RM = Rp 421,59) dan paling mahal 2,199 juta baht atau setara Rp 927 jutaan.

Toyota Majesty menawarkan kabin lega berkat penggunaan platform dari kendaraan komersial Toyota HiAce. Bahkan kalau secara ukuran, Alphard dan Vellfire masih kalah dari Majesty. Toyora Majesty memiliki dimesin panjang 5.265 mm x lebar 1.950 mm x tinggi 1.990 mm serta jarak sumbu roda 3.210 mm. Dimensi itu lebih panjang 320-330 mm, 100 mm lebih lebar, dan 95 mm lebih tinggi ketimbang Alphard dan Vellfire. Jarak sumbu roda Majesty juga 210 mm lebih panjang 210 mm dari dua MPV mewah pendahulunya.

Hal itu membuat Majesty bisa mengangkut penumpang lebih banyak yakni 11 orang. Toyota Majesty mengusung mesin diesel berkapasitas 2,8 liter, turbo, dengan output tenaga 163 daya kuda dan torsi 420 Nm yang dikombinasikan transmisi otomatis 6-percepatan.

Sebagai perbandingan, model Ventury sebelumnya menggunakan mesin 3,0 liter dengan output tenaga 136 daya kuda dan torsi 300 Nm, dan ada pilihan mesin bensin 2,7 liter dengan tenaga 151 dk. Sementara Majesty tidak menawarkan pilihan mesin bensin.

Saat ini Majesty belum dijual di dealer Toyota manapun di Malaysia. Namun santer disebut bakal segera masuk ke sana. Mungkinkah setelah Malaysia, Indonesia juga bakal menjual Majesty? Sayang, semuanya masih abu-abu. Sejauh ini di segmen MPV premium, Toyota Astra Motor menawarkan Alphard dan Vellfire.



Simak Video "Enam Bulan Mengaspal di Indonesia, Seberapa Laris Hyundai Staria?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)