Pemilik BMW Bisa Nginep Gratis di Hotel Kalau Mobilnya Mogok saat Mudik

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 28 Apr 2022 20:08 WIB
BMW Roadside Assistance
BMW Roadside Assistance (Foto: BMW Group Indonesia)
Jakarta -

BMW Group Indonesia bersama dengan mitranya Allianz Worldwide Partners memperbarui layanan BMW Roadside Assistance. Layanan ini memanjakan pemilik mobil BMW, bertepatan dengan momen mudik lebaran 2022.

"Roadside Assistance sekarang mengikuti standar global BMW," ujar Ariefin Makaminan, Vice President Customer Support, BMW Group Indonesia saat ditemui di Serpon, Tangerang Selatan, Rabu (27/4/2022).

Roaside Assistance BMW ini diberikan untuk tiga merek, di antarnya BMW, MINI , dan Rolls-Royce. Lalu apa saja layanan yang diberikan?

"Per 1 Februari 2021 kendaraan yang dijual, bisa mendapatkan free akomodasi hotel 3 hari-an, mobil pengganti sementara, mobil kita kembalikan ke konsumen ke mana dia perlu, misalnya orang mau ke Surabaya lalu mogok di Semarang, yasudah lanjutkan perjalanannya, mobil kita perbaiki di Semarang, nanti kita kirim ke Surabaya," ujar Ariefin.

Mau menginap di hotel gratis? jika terjadi kerusakan kendaraan pada jarak lebih dari 200 km dari tempat tinggal pelanggan, pelanggan berhak untuk menginap semalam di hotel terdekat dan dapat mengklaim kembali biaya akomodasi tersebut dengan menghubungi BMW Roadside Assistance Call Center.

Sementara layanan repatriasi, diberikan jika terjadi kerusakan dan kendaraan tidak dapat diperbaiki di tempat dan pelanggan harus segera berada di suatu tempat. Layanan ditawarkan jika kendaraan pelanggan perlu dikembalikan 200 km dari alamat terdaftarnya dan tanpa biaya kepada pelanggan.

Lebih lengkapnya, BMW Roadside Assistance bekerja dalam 3 tahap yaitu:

- Help on Phone

Dengan Help on Phone, BMW menyarankan pengemudi yang membutuhkan bantuan untuk melihat apakah mereka dapat menyelesaikan masalah sendiri dengan dipandu oleh Agen Pusat Panggilan Bantuan BMW Roadside (CCA). Hal ini untuk memastikan pelanggan dapat melanjutkan perjalanannya dengan lancar.

- Help on Spot

Jika masalah yang dihadapi tidak dapat diselesaikan dengan Help on Phone, pilihan berikutnya adalah Help on Spot yang mana BMW Group akan mengirimkan Mobile Service Technician yang dilengkapi dengan unit BMW Servicemobile atau BMW Mobile Workshop yang memiliki sejumlah peralatan untuk membantu pelanggan di tempat.

BMW Servicemobile harus berada di lokasi pelanggan dalam waktu 60 menit (area Jakarta) - dan hal ini dipastikan sebagai standar karena termasuk sebagai salah satu poin penilaian oleh oleh BMW Group untuk BMW Roadside Assistance.
Jika Mobile Service Technician dapat menyelesaikan problem pada kendaraan pelanggan, perjalanan dapat dilanjutkan.
Jika kendaraan memerlukan bantuan untuk diderek ke Authorized BMW Group Dealership yang terdekat untuk diagnosis lebih lanjut, maka Direct Towing akan diaktifkan.

- Direct Towing

Pilihan terakhir adalah derek kendaraan oleh BMW Roadside Assistance untuk memastikan kendaraan diperbaiki di Authorized BMW Group Dealership yang terdekat. Setelah kendaraan tiba di diler, BMW Roadside Assistance CCA akan menindaklanjuti perbaikan kendaraan kepada pelanggan.

Kendaraan yang mengalami keadaan darurat sesuai kondisinya akan diberikan bantuan langsung atau diderek secara bebas biaya ke diler BMW terdekat. Termasuk di dalamnya layanan Seamless Mobility, yaitu fasilitas kendaraan pengganti, akomodasi hotel bila diperlukan, dan Mobile Technician.

"Bagaimana kalau di luar warranty? tetap boleh telepon call center, gratis. Tapi kalau diperlukan pelayanan towing, ada biaya," jelas dia.

Pelanggan dapat menghubungi BMW Roadside Assistance Call Center dalam keadaan darurat dan tersedia dalam panggilan bebas biaya di 0 800 1 269 269 atau 021 5088 0206.

Liana Artanti Head of Road Side Assistance (RSA) & Automotive Business Development, Allianz Worldwide, mengatakan selama satu tahun beroperasi ini telah berhasil membantu 560 pelanggan melalui permintaan informasi di BMW Roadside Assisstance Call Center serta 36 pelanggan yang membutuhkan layanan BMW Roadside Assistance.

"Pelanggan rata-rata dapat dilayani dengan Help on Phone dalam 20 detik dan dari 75% kasus yang memerlukan kendaraan derek dapat tiba dalam waktu 58.1 menit. Ketepatan waktu diukur secara detail oleh BMW Group dimana diharapkan kepuasan pelanggan semakin tinggi. Adapun target menunggu adalah dalam waktu 60 menit namun ini dapat berlaku terutama di Jakarta atau Surabaya dengan mempertimbangkan jika ada permintaan layanan derek di luar kota," kata dia.



Simak Video "Krisis Chip Diprediksi Bikin Konsumen Bakal Sulit Punya Mobil Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)