Oknum Sales Dealer Honda Ditangkap, Korban Sudah Dapat Ganti Rugi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 26 Apr 2022 14:15 WIB
Logo Mobil Honda
Pihak Honda sudah memberikan ganti rugi kepada korban penipuan oknum sales (Foto: Dadan Kuswaraharja/detikcom)
Jakarta -

Oknum sales dealer Honda yang menjadi tersangka kasus penipuan konsumennya akhirnya ditangkap. Tersangka bernama M Ruhan berhasil ditangkap di tempat persembunyiannya di Nyalindung, Sukabumi, Jawa Barat. Dia ditangkap polisi pada Minggu (24/4) lalu.

"Pada hari Minggu, tanggal 24 April 2022, telah ditangkap dan diamankan tersangka penipuan dan penggelapan atas nama Muh Ruhan," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit dikutip detikNews.

M Ruhan diketahui melakukan penipuan terhadap calon konsumen dealer Honda MT Haryono, Jakarta. Korban bernama Yunita ditipu, uang DP sebesar Rp 47 juta dibawa kabur.

Yunita membeli unit Brio tipe E yang dijanjikan sales untuk di-upgrade menjadi tipe RS dengan penambahan body kit dan sebagainya. Diskon sudah disepakati. Dia percaya pada skenario yang dibuat oleh oknum sales tersebut karena transaksi dilakukan di dalam dealer resmi dan dilakukan bersama sales berseragam lengkap.

Namun transaksi dilakukan dengan transfer ke rekening pribadi. Nahas, DP yang ditransfer ke rekening pribadi ludes digondol oknum tersebut.

Kini, Yunita menyebut kasusnya sudah selesai. Dia juga bersyukur pelaku penipuan itu sudah ditangkap.

"Kasus saya sudah beres sih sebenarnya pas Honda ganti rugi uang saya tanggal 8 April itu. Dan kemarin lusa (pelaku) ketangkep ya. Jadi ya sudah selesai semestinya ya, mudah-mudahan dia dapat hukuman yang setimpal," ujar Yunita kepada detikcom, Selasa (26/4/2022).

"Tanggal 8 April sudah dibayarkan (ganti kerugian oleh pihak Honda) di hadapan Polres Jaksel saya tanda tangan surat kesepakatan. Sebagai bentuk itikad baik Honda, mereka ganti rugi," ujar Yunita.

Dalam kasus ini, Yunita mentransfer DP sebesar Rp 47 juta ke rekening pribadi. Dia juga melakukan pelunasan sebesar Rp 134 juta ke rekening resmi dealer Honda. Menurut Yunita, kesemua uang yang ditransfer itu sudah dikembalikan.

Menurutnya, selain Yunita juga banyak korban yang melaporkan tersangka kasus penipuan itu ke pihak kepolisian. Untungnya pelaku segera ditangkap agar tak ada korban lainnya.



Simak Video "Heboh Konsumen Ditipu Sales Mobil, DP Rp 91 Juta Melayang"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)