Setelah Rusia dan Indonesia, Datsun Juga Pamit dari India

ADVERTISEMENT

Setelah Rusia dan Indonesia, Datsun Juga Pamit dari India

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 23 Apr 2022 16:54 WIB
Datsun, dikabarkan bakal menyudahi produksi mobilnya di Indonesia. Artinya, Datsun bakal menyerah di persaingan otomotif Indonesia.
Datsun akhirnya hengkang juga dari India. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Datsun akhirnya harus menghentikan operasional di India. Hal ini dilakukan sebagai salah satu strategi perusahaan secara global yang telah digagas beberapa waktu lalu.

Dilansir Economic Times, pernyataan ini disampaikan langsung oleh Nissan, yang merupakan induk perusahaan dari Datsun. Selain menghentikan jualan mobil, Datsun juga menyetop produksi mobil di salah satu pabrik di Chennai, India.

"Produksi Datsun redi-GO telah dihentikan di pabrik Chennai (Renault Nissan Automotive India). Namun penjualan model lain masih berlanjut (sampai stok habis)," tulis pernyataan resmi Nissan India.

Datsun telah beroperasi selama sembilan tahun di India, tepatnya sejak 2013 silam. Namun, merek asal Jepang itu harus pamit dan menghentikan penjualan seluruh model kendaraannya sampai tidak ada stok yang tersisa.

Pihak Datsun telah menghentikan produksi dua model lain di bawah merek Datsun, yakni mobil di kelas entry level Datsun Go serta segmen Small-MPV Datsun Go+.

Meski demikian, Datsun masih memberikan pelayanan purna jual hingga suku cadang terbaik kepada seluruh konsumen di India.

"Kami dapat meyakinkan semua pemilik Datsun yang ada dan yang akan datang bahwa kepuasan pelanggan tetap menjadi prioritas, dan kami akan terus memberikan layanan purna jual, ketersediaan suku cadang, dan dukungan garansi dari jaringan dealer kami," sambung pernyataan Nissan India.

Sebagai informasi, penghentian merek Datsun oleh Nissan merupakan bagian dari strategi transformasi global Nissan yang diumumkan pada tahun 2020 lalu. Dengan strategi tersebut, Nissan juga menghentikan operasional Datsun di sejumlah negara, yakni Rusia dan Indonesia.

Pada 2020 silam, PT Nissan Motor Co., Ltd mengumumkan Datsun sudah tidak lagi diproduksi di Indonesia. Selain itu, Nissan juga menghentikan operasional Datsun di Rusia pada tahun yang sama.

Tak hanya itu, Nissan juga telah menutup pabrik mobilnya di Indonesia. Pabrik mobil Nissan yang berdiri di Purwakarta, Jawa Barat, memang sudah tidak memproduksi mobil merek Nissan maupun Datsun lagi per awal tahun 2020.

Pabrik itu diketahui sempat memproduksi mobil Nissan Grand Livina. Namun, setelah peluncuran Livina generasi terbaru yang diproduksi di pabrik Mitsubishi (sebagai bagian dari aliansi global antara Nissan dan Mitsubishi), pabrik itu hanya memproduksi mobil Datsun. Hingga akhirnya, Nissan resmi menyetop produksi mobil Datsun di pabrik tersebut awal 2020.

Simak juga 'Deretan Mobil yang 'Punah' di Kelas Mobil Murah':

[Gambas:Video 20detik]



(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT