Wuling Rakit Mobil Listrik di Cikarang, Belum Pernah Ada di Negara Mana pun

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 22 Apr 2022 14:13 WIB
Paten Desain Mobil Listrik Wuling Terdaftar di Indonesia
Paten desain mobil listrik Wuling sudah didaftarkan di Indonesia. (Foto: Pangkalan Data Kekayaan Intelektual)
Jakarta -

Wuling Motors Indonesia bakal merakit mobil listrik untuk pertama kalinya di kawasan Delta Mas, Cikarang. Nantinya mobil listrik itu benar-benar baru dan bakal dirakit di Indonesia. Wuling juga memastikan mobil listrik anyar tersebut belum pernah dipajang dimanapun.

Saat ini, Wuling masih melakukan proses riset agar nantinya mobil listrik yang diluncurkan bisa sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Tanah Air.

"Dirakit di sini, pokoknya keluaran pabrik Cikarang. Unik dan belum pernah dipamerkan dimanapun," ungkap Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani disela-sela Media Test Drive Wuling Almaz RS dalam rangka 'Kartini Day', Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Hanya saja Wuling masih enggan membocorkan lebih detail terkait mobil listrik anyarnya itu. Bagi Anda yang penasaran harap sedikit bersabar. Pasalnya mobil listrik tersebut bakal diluncurkan tahun ini tanpa menyebut kepastian waktu.

Pun begitu soal harganya. Wuling masih ogah membeberkan berapa harga jual dari mobil listrik terbarunya. Dian kembali menegaskan soal harga juga bakal disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Tanah Air.

mobil listrik mungil di IIMS 2022mobil listrik mungil di IIMS 2022 Foto: (Dina Rayanti/detikOto)

Sejauh ini, salah satu 'modal' Wuling untuk bersaing di tengah ketatnya pasar otomotif Indonesia adalah harga. Bila membandingkan dengan para produsen Jepang, harga mobil Wuling cukup terjangkau. Di sisi lain, Wuling juga berani menghadirkan fitur-fitur canggih pada deretan mobilnya.

Berkaca pada hal tersebut, bukan tidak mungkin nantinya mobil listrik Wuling bisa dijual dengan harga terjangkau. Di sisi lain, Kementerian Perindustrian mengatakan akan ada produksi mobil listrik dalam negeri yang dibanderol dengan harga Rp 400 jutaan tanpa menyebutkan dengan detail modelnya.

"Untuk EV masih proses riset, yang jelas kami akan memberikan produk terbaik, tunggu aja tahun ini," kata Dian.



Simak Video "Mobil Listrik Wuling Akan Dijual Murah di Indonesia? "
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)