ADVERTISEMENT

Mobil Listrik Mungil Chery sampai Wuling Bikin Gemas, Mana yang Sudah Dijual?

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 07 Apr 2022 11:13 WIB
mobil listrik mungil di IIMS 2022
Mobil listrik Baojun Kiwi EV mejeng di IIMS 2022. Foto: (Dina Rayanti/detikOto)
Jakarta -

Mobil listrik turut ambil bagian dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Ada sejumlah mobil listrik bertenaga baterai yang dipamerkan di IIMS 2022. Beberapa cukup menarik perhatian seperti Chery EQ1, Wuling Baojun Kiwi EV, dan juga Toyota C+Pod.

Kehadiran mobil listrik mungil itu cukup mencuri perhatian para pengunjung IIMS 2022. Dalam pantuan detikOto, mobil-mobil berukuran kecil itu terlihat dikerubungi oleh para pengunjung.

Chery EQ1 berwarna pink misalnya, terlihat dikerubungi pengunjung wanita. Salah satu pengunjung bernama Nova mengungkap bahwa dirinya tertarik karena warna pink yang disajikan. Pun demikian dengan Wuling Baojun Kiwi EV berkelir hitam yang turut membuat pengunjung penasaran.

Tak ketinggalan Toyota C+Pod juga ikut unjuk gigi di booth Toyota. Sayang, karena mobil dalam kondisi dikunci pengunjung pun terbatas untuk melihat ke bagian dalam Toyota C+Pod.

Adapun ketiga mobil listrik yang dipamerkan itu memiliki kelebihan dan kekurangannya serta spesifikasi berbeda.

1. Toyota C+Pod

mobil listrik mungil di IIMS 2022Toyota C+Pod di IIMS 2022. Foto: (Dina Rayanti/detikOto)

Toyota C+Pod memiliki dimensi panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm dan tinggi 1.550 mm. Toyota C +POD ini hanya bisa membawa satu sopir dan satu penumpang, di atas kertas C+ POD dibekali motor listrik (12,3 hp / 56 Nm) dan paket baterai lithium-ion berkapasitas 9,06 kWh, dan memungkinkan jarak pengoperasian 150 km untuk sekali pengisian penuh.

2. Chery EQ1

Dimensi Chery EQ1 lebih besar ketimbang C+Pod. Chery EQ1 punya panjang 3.200 mm x lebar 1.670 mm x tinggi 1.550 mm. Mobil ini punya daya jelajah hingga 301 km. EQ1 memiliki kecepatan maksimal 100 km/jam. Akselerasi 0-50 km/jam dapat ditempuh dalam waktu di bawah 6 detik.

mobil listrik mungil di IIMS 2022Chery EQ1 berwarna pink mencuri perhatian di IIMS 2022. Foto: (Dina Rayanti/detikOto)

Adapun torsi yang disalurkan oleh baterai lithium berkapasitas 30,6 kWh itu adalah 120 Nm.

3. Wuling Baojun Kiwi EV

Baojun Kiwi EV merupakan mobil listrik mungil Wuling sangat populer di China. Mobil dengan dimensi kompak ini biasa digunakan untuk transportasi harian. Wuling mengklaim, berkat ukurannya yang kecil, platform GSEV menjadi mudah untuk parkir.

mobil listrik mungil di IIMS 2022Sayang belum ada satupun mobil listrik mungil itu yang sudah dijual. (Dina Rayanti/detikOto)

Mobil listrik mungil Wuling dengan basis GSEV juga dilengkapi dengan fitur pintar seperti Internet of Vehicle (IoV), ADAS, Automatic Parking, hingga fitur Multimedia dengan dukungan Voice Command. Tak cuma itu, aspek keselamatan berkendara didukung oleh rangka baja pada bodi yang kuat dan kantung udara (airbag). Baterai GSEV dijamin keamanannya melalui pengujian ketahanan tinggi, berstandar IP68 waterproof dan dilengkapi Smart Battery Management System.

Bagi Anda yang kepincut untuk meminang deretan mobil listrik mungil itu ada baiknya harap bersabar. Pasalnya, ketiga mobil itu belum ada yang dijual.



Simak Video "Wuling Pamerkan Mobil Listrik Imut Air Ev di GIIAS 2022, Segini Harganya"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT