14.777 Toyota Raize Kena Recall, Sudah 20 Persen Diperbaiki

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 17 Apr 2022 10:11 WIB
First drive Toyota Raize
Toyota Raize kena recall Foto: Dok. TAM
Jakarta -

Sejak pertengahan Maret 2022, PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan recall untuk SUV compact Raize sebanyak 14.777 unit. Lantas, sudah berapa unit Raize yang selesai diperbaiki?

"Per tanggal 13 April, sudah tercatat konsumen yang booking 28 persenan, dan sudah mulai dikerjakan sebagian besar sudah selesai 20 persen, 8 persennya lagi juga kita segera kerjakan," ujar Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy saat media gathering virtual beberapa waktu yang lalu.

Dia mengatakan, targetnya akan lebih dari 7.000-an Raize selesai diperbaiki dalam kurun waktu 3 bulan ke depan.

"Harapan kami dalam waktu 3 bulan ke depan angka target kita 60 persen bisa tercapai. Starting point di dua minggu pertama sudah bisa tercapai 20 persen, cukup optimis dan mudah-mudahan lancar ke depannya. Sehingga produk atau unit-unit dari konsumen ini bisa kita bantu untuk kita pastikan recall-nya selesai dengan baik," jelas dia.

Kampanye recall kali ini berkaitan dengan temuan adanya anomali pada sambungan fender apron bagian depan Raize.

Hal itu mengakibatkan timbulnya bunyi abnormal ketika mobil melewati jalan rusak atau bergelombang. Dalam kondisi tertentu dapat membuat kontrol kendaraan menjadi sulit dikendalikan sehingga kenyamanan pengendara jadi terganggu.

Diduga permasalahan tersebut muncul karena proses kurang sempurna saat pabrikasi. Adapun recall kali ini melibatkan Toyota Raize produksi November 2020 hingga Oktober 2021 untuk tipe 1.0T S CVT, 1.0T G CVT, 1.0T G M/T, 1.2 G CVT, dan 1.2 G M/T.

Bagi para pemilik Toyota Raize dengan model terlibat diimbau agar segera datang ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan. Nantinya mobil akan dilakukan pemeriksaan dan perbaikan di seluruh bengkel Toyota tanpa dipungut biaya.

Untuk memudahkan pelanggan, mereka juga bisa mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc untuk melakukan pemeriksaan, dengan memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam aktivitas recall ini.



Simak Video "Punya Toyota Raize dan Belum Sempat Ikut Recall? Hindari Melakukan Hal Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)