Lebarkan Sayap ke AS, Mobnas Vietnam Cari Pinjaman untuk Biaya Ekspansi

ADVERTISEMENT

Lebarkan Sayap ke AS, Mobnas Vietnam Cari Pinjaman untuk Biaya Ekspansi

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 12 Apr 2022 11:44 WIB
Otographics Mobil Vietnam VinFast
Mobil nasional Vietnam, VinFast. Foto: Zaki Alfarabi
Jakarta -

Produsen mobil nasional asal (mobnas) Vietnam, VinFast, akan membangun pabrik pertama mereka di Amerika Serikat (AS). Untuk memenuhi ekspansi perusahaan ke Negeri Paman Sam itu, VinFast berencana mencari pinjaman dari pemerintah AS.

Dikutip Reuters, Kepala Vingroup Pham Nhat Vuong mengatakan VinFast tengah mencari pembiayaan dari pemerintah Amerika Serikat. Hal ini dilakukan guna mendukung ekspansi ke AS, salah satunya dengan membangun pabrik di Carolina Utara.

"Ini merupakan salah satu opsi pembiayaan kami, tetapi kami perlu membuktikan kepada mereka (pemerintah AS) bahwa kami telah memenuhi syarat," kata Pham Nhat Vuong.

Dalam pekan ini, VinFast mengatakan perusahaan induk yang berbasis di Singapura telah mengajukan penawaran umum perdana (IPO) dengan regulator sekuritas AS.

"Kami bertekad untuk mendorong dan berkomitmen untuk IPO ini, tetapi target tertinggi untuk IPO bukanlah pembiayaan melainkan untuk menyiapkan VinFast di pasar global," ujarnya.

Lebih lanjut, Pham Nhat Vuong juga mengatakan pinjaman melalui program Advanced Technology Vehicles Manufacturing (AVTM) dari pemerintah AS juga merupakan opsi lain yang sedang dicoba oleh VinFast.

Sebelumnya diberitakan, VinFast telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan pemerintah Carolina Utara untuk pembangunan pabrik pertama di negara bagian tersebut. Pabrik VinFast di Carolina Utara itu terletak di Chatham County Triangle Innovation Point.

VinFast telah menyiapkan investasi senilai US$ 2 miliar atau setara Rp 28 triliun pada fase pertama untuk konstruksi. Rencananya setelah mendapatkan izin konstruksi tahun 2022, proyek langsung dikerjakan.

Pabrik yang berdiri di area seluas 800 hektar tersebut rencananya akan memulai produksi pada tahun 2024. Pada fase pertama, VinFast bakal memproduksi 150.000 unit mobil per tahun. Kemudian produsen asal Vietnam itu akan melanjutkan investasi pabrik pada fase selanjutnya.

Adapun untuk model yang diproduksi di pabrik tersebut adalah VF8 dan VF9. Keduanya sempat dipamerkan pada ajang Los Angeles Auto Show 2021. Tak lama setelahnya pada pameran Consumer Electronics Show (CES), VinFast memamerkan VF5, VF6, dan VF7. VinFast menyatakan akan menyediakan ragam mobil di berbagai segmen dari crossover hingga SUV bongsor.

Untuk memenuhi angka produksi tersebut, pabrik VinFast akan dibangun di tiga area utama yakni bagian produksi serta perakitan mobil dan bus listrik, produksi baterai kendaraan listrik, serta industri pemasok.

VinFast berjanji akan membuka lapangan pekerjaan sebanyak 7.500 karyawan yang akan ditempatkan di pabrik Carolina Utara.



Simak Video "Bus Pariwisata Seharusnya Dilarang Lewat Jalan Ekstrem, Setuju?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT