Honda Mobilio Masih Dijual, Tapi Kok Cuma Satu Tipe?

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 08 Apr 2022 08:37 WIB
Honda New Mobilio
Honda Mobilio kini hanya tersedia tipe manual. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Dalam beberapa bulan terakhir, nama Honda Mobilio tengah ramai diperbincangkan. Salah satunya adalah karena Honda terlihat puasa dalam menghadirkan Mobilio versi terbaru. Terakhir, Mobilio 'dipermak' tahun 2019. Itupun ubahan yang disajikan minim.

Minimnya ubahan turut membuat penjualan Mobilio merosot. Hal tersebut membuat Mobilio diterpa kabar miring. Honda disebut-sebut menghentikan penjualan Low MPV andalannya itu.

Isu miring tersebut juga didukung data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Pada Februari 2022 misalnya, distribusi Honda Mobilio hanya 1 unit. Disinyalir minimnya distribusi tersebut menjadi akhir dari penjualan Mobilio.

Tak mau isu berkembang luas, Honda buru-buru menampik hal tersebut. Honda menegaskan Mobilio saat ini masih dijual. Pasarnya pun masih ada, terutama di segmen konsumen fleet.

Mobilio saat ini menjadi amunisi Honda untuk bersaing di segmen Low MPV. Mengutip laman Honda Indonesia, hanya ada satu varian Mobilio yang ditawarkan yakni S M/T. Honda Mobilio S M/T ini dibanderol Rp 229,9 juta. Pun demikian saat kami mengunduh brosur Mobilio, hanya ada satu varian yang tertera.

"Untuk pemesanan Honda Mobilio sementara ini di tipe S M/T saja karena permintaan dari konsumen," ungkap Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy saat dikonfirmasi detikcom melalui aplikasi pesan singkat, Kamis (7/4/2022).

Untuk memanjakan konsumennya, Honda Mobilio S M/T dibekali dengan ragam fitur seperti Side Impact Beam, ABS+EBD, Dual Front SRS Airbag, Seatbelt Reminder, Isofix, Parking Sensor, Immobilizer, dan Auto Door Lock by Speed.

Dari sisi mesin Honda Mobilio dilengkapi dengan 1.5 L SOHC i-VTEC+DBW dengan teknologi bahan bakar PGM-Fi. Mesin tersebut disandingkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Berkat mesin tersebut, Honda Mobilio mampu menyemburkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm.

Kalau dilihat, fitur yang disajikan Honda Mobilio untuk bersaing di segmen Low MPV bersama dengan Avanza hingga Xpander tentu tertinggal. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia misalnya yang sudah menyajikan fitur berbasis radar. Sedangkan Honda bukan tidak punya fitur canggih tersebut. Fitur berbasis radar dari Honda sudah tersemat di beberapa model, teranyar ada pada BR-V.



Simak Video "Honda Cuma Jual Mobilio Tipe S Transmisi Manual, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)