Honda: Maaf untuk Mobilio....

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 04 Apr 2022 10:41 WIB
Jakarta -

Honda Mobilio belum mendapat penyegaran, sebab model andalan lain sudah memasuki generasi baru seperti HR-V dan BR-V. Bagaimana nasib mobil Low MPV 7-penumpang ini?

Sejak diluncurkan pertama kali pada 2014, generasi kedua Mobilio yang dipasarkan di Indonesia ini pernah mengalami perubahan sentuhan pada lampu dan bodi, ubahan pada Honda Mobilio terjadi pada 2017 dan 2019. Angka penjualannya pun terus merosot dari tahun ke tahun.

Krisis chip semikonduktor juga menimpa pabrikan otomotif. Honda mengorbankan Mobilio, dengan memprioritaskan produksi Honda Brio.

"Mobilio dan Brio itu satu platform, shortage-nya sama. Brio itu inden panjang, kami selalu melihat demand-nya paling banyak kami prioritaskan. Mohon maaf untuk Mobilio (tidak diproritaskan, Red), karena Brio indennya lama, komponen yang bermasalah sama. Bukan berarti Mobilio setop, tidak," ungkap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Billy menegaskan, per Maret 2022 ini pihaknya mulai kembali memproduksi Honda Mobilio. Diharapkan permintaan pasar terhadap Mobilio akan segera terpenuhi.

"Kita wholesales bulan ini (Maret) 200 lebih," sambung dia.

Menurutnya, Mobilio masih ada peminatnya. Kebanyakan peminat Honda Mobilio adalah segmen konsumen borongan atau fleet.

"Maret ini kita bikin manual, karena banyak pemesanan dari fleet dan korporasi," ujar Billy.

Kini, Honda tidak memprioritaskan LMPV untuk pasar dalam negeri. Untuk kendaraan penumpang, Billy mengatakan model-model seperti BR-V.

"Kita sekarang fokus 7-seater itu ke LSUV untuk kendaraan penumpang, sedangkan LMPV 7-seater kita fokus di korporasi, fleet," sambung dia.

Honda Brio yang produksinya diprioritaskan oleh Honda dibanding Mobilio, mengalami peningkatan penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) yang signifikan. Pada Februari 2022 lalu, Honda menjual Brio sebanyak 5.576 unit, naik dari 4.489 unit pada Januari 2022. Angka itu sekaligus mengantarkan Honda Brio sebagai mobil paling laris di Indonesia pada Februari 2022.

Sedangkan Mobilio hanya 1 unit pada Februari 2022 lalu. Kemudian pada awal Januari, Mobilio sudah didistribusikan sebanyak 180 unit.

(riar/rgr)