Toyota Pamer Innova Listrik, Kalau Honda?

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 02 Apr 2022 08:50 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membuka pameran IIMS Hybrid 2022. Dalam kesempatan itu, ia juga menjajal mobil listrik Kijang Innova EV Concept.
Innova EV Concept Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Toyota memamerkan Innova EV Concept, sebuah mobil MPV bersumber tenaga dari baterai murni atau battery electric vehicles (BEV). Bagaimana Honda, yang sampai saat ini belum memiliki lini produk elektrifikasi di Indonesia?

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, mengatakan secara global Honda akan menghapus kendaraan berbahan bakar fosil dalam beberapa tahun mendatang.

"Kita terus pelajari kebutuhan konsumen, tenang saja. Kita pasti ke arah sana, pasti kita mengikuti anjuran pemerintah," ujar Billy saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (31/3/2022).

"Honda juga punya visi 2040 semua elektrifikasi jadi nggak mungkin kita nggak ke sana," tambah dia.

Honda memiliki rencana setidaknya 40% kendaraan yang dijual di pasar utama di dunia pada 2030 merupakan kendaraan elektrifikasi, kemudian meningkat menjadi 80% di tahun 2035 dan tahun 2040 secara global 100% kendaraan yang dijual Honda adalah kendaraan ramah lingkungan berupa kendaraan listrik BEV dan FCV. Artinya, tahun 2040 Honda tak lagi jualan mobil bermesin bensin.

Itu juga termasuk Indonesia. Namun, Billy menegaskan untuk pasar Indonesia, Honda melakukan transisi ke elektrifikasi kendaraan secara bertahap, khususnya melihat perkembangan infrastruktur di Tanah Air.

"Tapi untuk waktunya, kita terus pelajari dan mengenalkan elektrifikasi di waktu yang tepat," ujar Billy.

"Kita ikuti keinginan konsumen, dan infrastruktur yang ada di Indonesia. Itu paling penting," tambah dia.

IIMS 2022

Booth Honda bersebelahan dengan Toyota di area JIexpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Display mobil Honda di Indonesia International Motor Show 2022 berjumlah 16 unit, di antaranya All New Honda HR-V, All New HR-V Turbo, Honda Brio Satya, New Honda Brio RS, Honda City Hatchback RS, All New Honda BR-V E CVT, New Honda CR-V Black Edition, New Honda CR-V 1.5L, All New Honda Civic RS, dan Honda SUV RS Concept.

Terbagi atas beberapa zona seperti All New Honda BR-V dengan berbagai tipe dapat dilihat langsung oleh konsumen di "Honda BR-V Zone." Sementara di "RS Zone", Honda menampilkan berbagai lineup varian RS Honda, termasuk All New Honda HR-V Turbo RS, Honda City Hatchback RS dan All New Honda Civic RS.



Simak Video "Alasan Honda Lebih Pilih Luncurkan HR-V Turbo daripada Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)