ADVERTISEMENT

Tesla Model Y Melantai di IIMS, Harga Rp 2 M Bebas Ganjil Genap

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 05 Apr 2022 18:52 WIB
Tesla Model Y
Foto: Tesla Model Y meluncur di IIMS, harga Rp 2 miliar bebas ganjil genap. (Rangga Rahadiansyah/detikOto)
Jakarta -

Prestige Motorcars kembali meluncurkan mobil listrik Tesla. Kali ini, giliran Tesla Model Y yang diluncurkan Prestige Motorcars di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022.

Sebelumnya, Prestige Motorcars telah memboyong Tesla Model S, Tesla Model X dan Tesla Model 3. Kini, crossover Tesla yang lebih terjangkau hadir di Indonesia, Tesla Model Y.

Menurut CEO Prestige Motorcars Rudy Salim, unit Tesla Model Y sudah bisa dipesan dari sekarang. Harganya mulai dari Rp 2 miliar.

"Harga tergantung opsi, beda-beda," kata Rudy kepada detikcom, Selasa (5/4/2022).

Untuk Tesla Model Y tipe Long Range dijual dengan harga Rp 2 miliar. Sementara Tesla Model Y Performance harganya Rp 2,4 miliar. "Itu estimasi, tapi bisa berubah," kata Rudy.

Apa kelebihan Tesla Model Y? Tesla Model Y tipe Long Range memiliki akselerasi 4.8 detik, jarak tempuh 532 km, top speed mencapai 217 km/jam dengan opsi penggerak Dual Motor All-Wheel Drive. Sedangkan untuk varian Performance, daya akselerasi lebih cepat yaitu 3.5 detik, jarak tempuh 513 km, top speed 249 km/jam dengan opsi penggerak sama, yaitu Dual Motor All-Wheel Drive.

Tesla Model YTesla Model Y Foto: (Rangga Rahadiansyah/detikOto)

Tesla Model Y menawarkan kenyamanan untuk penggunanya. Aliran udara dan temperatur suhu sepenuhnya dalam kontrol tanpa perlu menggerakkan tangan sehingga menjaga fokus pengemudi. Jika cuaca sedang panas, cabin overheat protection akan menjaga keseluruhan kabin tetap sejuk. Sebaliknya, dalam cuaca dingin kabin akan otomatis menjaga suhu tetap hangat dan menyiapkan baterai agar kinerjanya tetap efisien.

Tesla Model Y memiliki konfigurasi 5 tempat duduk yang bisa dilipat untuk menambah kapasitas muatan. Uniknya, interior Model Y menggunakan bahan vegan yang lebih lembut dan lebih tahan lama daripada bahan kulit. Posisi duduk pada Model Y lebih tinggi ketimbang Model 3, ruang bagian bawah dimanfaatkan untuk menyimpan baterai, yang juga meningkatkan low center gravity. Tak ketinggalan fasilitas pengisi daya nirkabel anti-selip pada konsol tengah untuk ponsel yang memudahkan pengecasan ketika sedang berkendara.

Tesla Model YTesla Model Y Foto: (Rangga Rahadiansyah/detikOto)

Dengan posisi duduk yang ditinggikan dan dasbor yang rendah, pengemudi memiliki pandangan yang luas ke jalan di depan dengan expensive glass roof. Kaca berteknologi tinggi ini mampu memblokir sinar infrared, ultraviolet, dan mengurangi panas yang masuk ke mobil.

Interior Model Y menghadirkan layar sentuh 15 inci HD yang disisipkan berbagai fitur seperti kamera jarak jauh, navigasi, film, dan permainan menarik. Ada lagi sound system yang imersif, visualisasi real-time speed, upcoming traffic control, dan kamera 360 untuk mendeteksi kendaraan lain juga pejalan kaki.

Dari segi eksterior Tesla Model Y hadir dengan 5 pilihan warna seperti Pearl White Multi-Coat, Solid Black, Deep Blue Metallic, Midnight Silver Metallic, dan Red Multi-Coat yang bisa disesuaikan dengan selera.

Tesla mengklaim, meski sebagai SUV Model Y menawarkan rasa berkendara bak sportscar. Khususnya dalam melibas tikungan, sensasinya senikmat menggunakan mobil sport.

Selain itu, tingkat keselamatan juga mengadopsi dari Tesla Model 3. Tesla Model Y diciptakan dengan struktur rangka yang kuat, apabila terjadi kecelakaan risiko mobil ini terbalik sangat rendah, hal ini diperkuat dengan proteksi terhadap benturan yang tinggi.

Pada varian Long Range, terdapat pilihan velg Gemini berukuran 19'' dan velg Induction Wheels 20''. Sedangkan untuk varian Performance, terdapat varian velg Uberturbine berukuran 21'' yang akan mempertegas tampilan Model Y dari luar. Tidak hanya memperhatikan segi estetika, Model Y juga sangat durable dan kuat dengan daya tarik sebesar 1.600 kg dan kapasitas muatan hingga 2.158 liter.

"Tesla Model Y ini saya rasa cocok di Indonesia, karena mayoritas masyarakat Indonesia cenderung suka mobil dengan kapasitas kabin yang besar. Tesla Model Y ini punya konfigurasi 5-seater dan secara ground clearance lebih tinggi daripada Model 3. Sebagai mobil full listrik, Tesla Model Y juga bebas ganjil-genap di Jakarta," ucap Rudy Salim.



Simak Video "Wujud 'Optimus' Si Robot Tesla Milik Elon Musk"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT