ADVERTISEMENT

Recall Toyota Raize di Indonesia, Sudah 2.000 Unit yang Diperbaiki

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 05 Apr 2022 07:03 WIB
Toyota Raize
Toyota Raize. Kampanye recall yang dilakukan Toyota terhadap Raize telah mencapai jumlah 2.000 kendaraan (Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Toyota mengumumkan recall Toyota Raize sejak awal Maret 2022 lalu berkaitan temuan adanya anomali pada sambungan fender apron bagian depan. Sampai akhir Maret 2021 ini, Toyota mengklaim sudah melakukan recall terhadap sekitar 2.000 unit Raize milik konsumen.

Beberapa waktu lalu PT Toyota-Astra Motor (TAM) melakukan recall terhadap 14.777 unit Toyota Raize di Indonesia. Recall dilakukan karena ditemukan anomali pada sambungan fender apron depan. Hal itu mengakibatkan timbulnya bunyi abnormal ketika mobil melewati jalan rusak atau bergelombang. Dalam kondisi tertentu dapat membuat kontrol kendaraan menjadi sulit dikendalikan, sehingga kenyamanan pengendara jadi terganggu.

Diduga permasalahan tersebut muncul karena proses kurang sempurna saat pabrikasi. Adapun recall kali ini melibatkan Raize produksi November 2020 hingga Oktober 2021, untuk tipe 1.0T S CVT, 1.0T G CVT, 1.0T G M/T, 1.2 G CVT, dan 1.2 G M/T.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan jumlah peserta recall Raize belum memenuhi target yang diinginkan Toyota. Tapi sejauh ini respons konsumen peserta recall Raize cukup positif. Dan diharapkan proses recall bisa meningkat menjelang libur lebaran nanti.

Toyota RaizeToyota Raize (Luthfi Anshori/detikOto)

"Sampai saat ini sudah ada 2.000 unit (Toyota Raize) yang sudah di-repair selama kira-kira hampir satu bulan, cukup lumayan. Nah, mudah-mudahan di bulan depan ini, bersamaan dengan mungkin banyak yang servis lebaran juga ya, mudah-mudahan bisa segera meningkat," kata Anton dalam diskusi virtual (1/4/2022).

Sebelumnya Toyota telah meminta maaf, sekiranya telah menimbulkan ketidaknyamanan bagi pemilik Raize. TAM memastikan kesiapan seluruh jaringan bengkel Toyota dalam menanggulangi hal ini dan mengimbau para pelanggan untuk segera datang ke bengkel resmi dan melakukan pemeriksaan kendaraannya.

Para pelanggan bisa mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc untuk melakukan pemeriksaan, dengan memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam aktivitas recall ini.

Pemeriksaan dan perbaikan Raize sangat mudah dilakukan di bengkel resmi Toyota dan tanpa dipungut biaya sama sekali (gratis). Proses pengerjaan ini berlangsung sekitar 7,6 jam, namun hal ini tergantung pada kondisi bengkel pada saat dilakukan pemeriksaan/perbaikan.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT