Kabar Terbaru Honda SUV RS Concept, Sampai Kapan Dipajang Doang?

ADVERTISEMENT

Kabar Terbaru Honda SUV RS Concept, Sampai Kapan Dipajang Doang?

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 04 Apr 2022 14:37 WIB
Honda di IIMS 2022
Honda SUV RS Concept di IIMS 2022 Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Honda tak membawa model baru di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Tapi, Honda Prospect Motor masih memamerkan SUV RS sebagai mobil konsep. Sampai kapan?

Well, SUV RS Concept pertama kali diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Sosok mobil ini digadang-gadang bakal menjadi lawan bagi Toyota Raize, dan Daihatsu Rocky, sebab beragam pabrikan mulai bermain di segmen SUV Compact dengan mesin 1.000 cc turbo.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, belum bisa memastikan apakah Honda SUV RS Concept tersebut akan diproduksi atau tidak.

"Itu kan mobil konsep, kita tidak mengacu pada model tertentu," ungkap di area IIMS 2022, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Billy mengatakan bahwa SUV RS Concept merupakan model SUV Compact, seperti diketahui segmen ini juga dimainkan oleh beberapa pabrikan misalnya Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Nissan Magnite, ketiga model itu pakai mesin 1.000 cc turbo.

"Bisa aja mobil itu berbeda, bisa membuat mobil A, mobil B, mobil C. Kalau ditanya itu apa, ya itu small SUV Compact," tambah dia.

Lalu, RS Concept bakal pakai 1.000 cc turbo ya?

"Nanti ya, jauh banget (bocoran RS Concept). Belum-belum," ungkap Billy.

Mobil konsep SUV RS dikembangkan oleh Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. dan tim Honda di Indonesia. Konsep ini menampilkan desain eksterior bergaya sporty sesuai DNA Honda dalam sebuah platform mobil SUV kompak. Dari sisi eksterior, Honda SUV RS Concept tampil dengan bodi yang ramping, garis yang tajam dan kokoh, serta grille menyatu dengan bodi yang semakin memperkuat karakter sporty.

Apakah mobil ini nantinya akan diproduksi massal? Kalau melihat tren atau kebiasaan yang dilakukan Honda selama ini, SUV RS Concept hampir pasti akan diproduksi sebagai sebuah mobil massal. Contohnya seperti Small RS Concept yang jadi All New Brio atau N7X Concept yang kemudian dirilis menjadi All New BR-V.

"Kita selalu memproduksi kendaraan sesuai kebutuhan konsumen. Kalau keinginannya ke mana, kita ikuti. Studi terus jalankan," ujar Billy.

"Waktu launching (HR-V) saya sudah bilang, nanti saja tunggu kejutan," tambah dia.



Simak Video "Kei Car Mau Masuk Indonesia? Ini Tantangannya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT