Nggak Cuma Bikin HP, Xiaomi Bakal Luncurkan 4 Mobil Listrik

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 27 Mar 2022 15:23 WIB
Xiaomi Redmi Car
Mobil listrik Xiaomi. Foto: Istimewa
Jakarta -

Rencana Xiaomi untuk meluncurkan mobil listrik terlihat semakin nyata. Raksasa teknologi asal China itu kabarnya akan merilis empat model mobil listrik sekaligus dalam waktu dekat.

Dilansir dari Electrive, informasi tersebut pertama kali muncul dari General Manager Xiaomi di Beijing dan Tianjin, Juo Baojun. Dikatakan oleh Baojun bahwa Xiaomi berencana akan meluncurkan empat model kendaraan listrik untuk segmen yang berbeda.

Xiaomi akan merilis dua model mobil listrik untuk segmen kelas menengah yang diprediksi dibanderol sebesar 150 ribu hingga 200 ribu yuan (sekitar Rp 338 juta hingga Rp 450 juta). Kedua mobil listrik itu kabarnya sudah mengusung sistem mengemudi otonom Level 2.

Sementara itu, dua model lainnya akan menyasar kelas menengah ke atas dengan banderol mulai dari 200 ribu yuan sampai 300 ribu yuan (sekitar Rp 450 juta hingga Rp 675 juta). Untuk kedua mobil listrik itu juga sudah mengusung sistem mengemudi otonom, namun tingkatnya lebih tinggi yakni di Level 3.

Kabarnya, keempat mobil listrik itu bakal diperkenalkan pada kuartal ketiga di tahun 2022 sebagai mobil prototipe terlebih dahulu. Informasi tersebut membuat geger sejumlah masyarakat di China, sebab Xiaomi bergerak sangat cepat untuk memperkenalkan mobil listrik mereka.

Namun setelah informasi dari Juo Baojun bocor dan beredar luas di sejumlah media, pihak Xiaomi langsung bergerak cepat meminta kepada Baojun untuk segera menghapus unggahan mengenai mobil listrik Xiaomi.

Meski begitu, informasi yang disampaikan oleh Baojun semakin memperkuat sinyal Xiaomi bakal meluncurkan mobil listrik dalam waktu dekat. Beberapa waktu lalu, CEO Xiaomi, Lei Jun memastikan pada tahun 2024 akan menjadi tahun bersejarah bagi produsen smartphone asal China itu.

Soalnya, Lei Jun mengatakan pengembangan kendaraan menjadi langkah baru dan menjadi satu kemajuan yang sangat baik bagi Xiaomi, bahkan saat ini perkembangan mobil listrik mereka jauh lebih cepat dari yang diperkirakan.

Lebih lanjut, Lei Jun mengungkapkan bahwa Xiaomi sudah mulai produksi mobil listrik mereka pada akhir tahun ini. Akan tetapi untuk jadwal launching-nya tidak berubah yang bakal diperkenalkan pada 2024, hal tersebut tidak lepas dari berbagai pengujian yang dilakukan Xiaomi untuk bisa memuluskan perjalanan mobil listrik mereka.

Xiaomi juga berencana akan membangun pabrik khusus mobil listrik yang berlokasi di Beijing, China. Pabrik tersebut akan dibangun dalam dua tahap, pada tahap pertama ditargetkan mampu memiliki kapasitas produksi sebanyak 150.000 unit mobil per tahun, kemudian di tahap kedua ditingkatkan lagi menjadi 300.000 unit mobil per tahun.



Simak Video "Xiaomi 12S dan 12S Pro, Apa Kelebihan dan Perbedaannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/mhg)