Lebih Dekat dengan BMW M3 dan M2 CS, Safety Car MotoGP Mandalika

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 22 Mar 2022 11:10 WIB
Mobil-mobil BMW Jadi Safety Car MotoGP Mandalika
Deretan safety car MotoGP Mandalika. Foto: DOK. BMW
Jakarta -

Mobil-mobil performa tinggi dari BMW kembali menjadi safety car MotoGP musim ini. Di antaranya adalah BMW M3 Competition dan BMW M2 CS.

BMW M2 CS Racing MotoGP Safety Car mulai hadir di musim 2022. Kemarin, di Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika, Dorna menggunakan BMW M3 Competition dan BMW M2 CS untuk menjadi Safety Cars yang mengawal balapan di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Sejak tahun 1999 secara global, BMW adalah Official Partner of MotoGP dengan terlibat dan menyediakan berbagai model kendaraan BMW M sebagai Safety Car untuk gelaran MotoGP. Selain itu juga kendaraan BMW M merupakan hadiah untuk pembalap terbaik di MotoGP. Untuk ajang MotoGP™ 2022, Pertamina Grand Prix of Indonesia, BMW M GmbH menghadirkan BMW M3 Competition dan BMW M2 CS Racing terbaru untuk mengawal para pembalap MotoGP.

BMW M2 CS yang hadir di ajang ini merupakan model kendaraan terbaru yang baru diluncurkan secara global pada 14 Februari 2022 menggunakan Anniversary Design untuk rayakan ulang tahun BMW M ke-50 (50 Jahre BMW M). Selain itu sejak tahun 2021, BMW M juga menghadirkan BMW M 1000 RR Safety Bike yang merupakan motor M pertama dari BMW Motorrad untuk mengawal jalannya MotoGP.



"MotoGP merupakan ajang balap motor yang sangat ditunggu oleh para penggemarnya di Indonesia. Aspirasi kami di BMW adalah untuk menggunakan seluruh keahlian, teknologi inovatif BMW Motorsport untuk memastikan ajang MotoGP berjalan dengan lancar melalui kehadiran MotoGP Safety Car. Hal ini juga sejalan dengan strategi BMW M GmbH. Selain BMW M2 CS Racing dan juga BMW M3 Competition, BMW Indonesia dukung Mandalika Grand Prix Association (MGPA) untuk sukseskan MotoGP Indonesia dengan menjadi Official Mobility Partner dengan membawa BMW 330e M Sport,"ujarRamesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Mobil-mobil BMW Jadi Safety Car MotoGP MandalikaBMW M2 CS Jadi Safety Car MotoGP Mandalika Foto: DOK. BMW



"M singkatan dari Motorsport - sesuatu yang digarisbawahi dengan BMW M2 CS Racing MotoGP Safety Car terbaru. BMW M GmbH menggabungkan mobil produksi berperforma tinggi dan motorsport di bawah satu atap. Karena alasan inilah kami memilih mobil balap dari jajaran BMW M Motorsport untuk menjadi MotoGP Safety Car baru - pilihan yang tepat untuk menandai ulang tahun BMW M ke-50. BMW M2 CS Racing telah sukses di berbagai kejuaraan - dan, sebagai mobil balap murni, sangat cocok untuk memimpin lapangan sebagai Safety Car di ajang balap motor terbesar dan paling kompetitif di dunia," tambah Ramesh.

BMW M2 CS dilengkapi dengan mesin 3.000cc enam silinder segaris TwinPower Turbo yang dikembangkan dari mesin S55 yang berasal dari BMW M4 Competition. Di atas kertas mobil ini mampu menyemburkan tenaga 450hp dan torsi sebesar 550 Nm. Performanya dapat melaju dari 0-100km/j dalam waktu 4 detik.

Mobil-mobil BMW Jadi Safety Car MotoGP MandalikaBMW M3 Competition Jadi Safety Car MotoGP Mandalika Foto: DOK. BMW

Sementara itu, BMW M3 Competition Safety Car di MotoGP Mandalika kemarin hadir dengan warna yang lebih maskulin, yakni menggunakan warna hitam full doff, dengan aksen grafis berwarna gold/emas yang mampu menghadirkan kesan elegan.

Selain BMW M2 CS dan BMW M3 Competition, lini mobil BMW yang jadi mobil resmi MotoGP 2022 adalah BMW M4 Competition Safety Car, BMW M5 CS Safety Car, BMW M8 Competition Gran Coupé Safety Car, BMW X5 M Competition Medical Car, dan dua motor BMW M 1000 RR.

Mobil-mobil BMW Jadi Safety Car MotoGP MandalikaMobil-mobil BMW Jadi Safety Car MotoGP Mandalika Foto: DOK. BMW

BMW Group Indonesia juga menghadirkan kendaraan listrik BMW 330e M Sport menjadi Safety Car MGPA khusus untuk Pertamina Mandalika International Street Circuit. Safety Car BMW ini juga telah digunakan pada Tes MotoGP Mandalika 2022 sebagai ujian pramusim terakhir jelang MotoGP musim ini dan ajang MotoGP itu sendiri yang digelar pada tanggal 18-20 Maret.

BMW 330e M Sport merupakan mobil berteknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Mobil ini mengombinasikan mesin bensin 2.0L dan motor elektrik yang mampu menghasilkan tenaga hingga 252 hp dan torsi 420 Nm.



Simak Video "Menhub Prediksi Malam Ini Puncak Lonjakan Arus Balik Penonton MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)