ADVERTISEMENT

Orang Indonesia Makin 'Melek' dengan Mobil Hybrid

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 18 Mar 2022 16:41 WIB
Mobil Hybrid Toyota
Foto: M Luthfi Andika
Jakarta -

Mobil ramah lingkungan kian diminati di Indonesia. Hal itu terlihat dari angka penjualan yang menunjukan peningkatan dari tahun ke tahun. Mobil ramah lingkungan jenis hybrid misalnya pada tahun 2021 terjual sebanyak 2.514 unit. Penjualan itu mengalami peningkatan lebih dari 100% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020.

Minat masyarakat untuk mulai beralih ke kendaraan ramah lingkungan juga disambut baik para pabrikan. Bisa dilihat ragam mobil hybrid dan juga listrik murni tersedia dengan beragam model.

Tak ketinggalan aturan pajak berdasarkan emisi dan gas buang juga ikut berperan dalam mendongkrak penjualan kendaraan ramah lingkungan.

"Dua faktor ini mempengaruhi. Bukan hanya aturan tapi memang edukasi pemerintah, media, dan brand ke pasar," kata Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy ketika dikonfirmasi detikcom, Kamis (17/3/2022).

Mobil-mobil elektrifikasi Toyota di Bogor, Jawa Barat.Mobil-mobil elektrifikasi Toyota. Foto: dok PT Toyota-Astra Motor

Sebagai informasi, penyesuaian pajak PPnBM berdasarkan emisi telah diatur dalam PP Nomor 73 Tahun 2019, tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor. Aturan ini efektif berlaku per 16 Oktober 2021.

Perhitungan PPnBM mobil baru bukan lagi berdasarkan jenis dan bentuk kendaraan, tapi dihitung dari emisi. Tarifnya beragam mulai dari pengenaan 15 persen hingga 70 persen, namun pada prinsipnya semakin ramah lingkungan maka tarif PPnBM-nya semakin kecil.

Ya, aturan pajak berdasarkan emisi yang berlaku sejak tahun lalu ini memang memberikan pengaruh besar terhadap harga jual mobil hybrid. Harga mobil hybrid turun, bahkan mencapai ratusan juta rupiah untuk model tertentu.

Tak heran kalau Toyota juga kian gencar menawarkan mobil hybridnya dan mulai mengurangi varian mobil bensin di Tanah Air. Salah satunya adalah Toyota Corolla Cross versi bensin dan C-HR bensin. Toyota juga saat ini sudah menyiapkan produksi mobil hybrid dalam negeri yang dimulai dari Kijang Innova.



Simak Video "Toyota Aqua, Mobil Rp 260 Jutaan yang Tembus 35.8 Km/Liter"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT